8 Hal yang Bisa kamu Lakukan Saat Bedrest di Masa Kehamilan

pexel.com

Bedrest itu apa, sih?

Istilah baku bedrest dalam bahasa indonesia adalah tirah baring. Dalam bahasa sunda disebut juga titirah. Tirah baring memiliki makna perawatan yang melibatkan dokter/ tenaga medis dimana berbaringnya pasien di tempat tidur untuk jangka waktu tertentu.  Istilah tirah baring ini memang terdengar kurang familiar, ya. Populernya kita mengenal istilah ‘bedrest’ untuk kondisi dimana kita harus beristirahat penuh diatas tempat tidur.

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan ibu hamil harus menjalani bedrest ini. Biasanya, dikarenakan adanya deteksi pada kehamilan, seperti ancaman keguguran atau lahir prematur, kelainan/ kasus kehamilan, seperti preeklampsia, plasenta previa, atau diabetes gestational.

Nah, ceritaku kemarin ternyata harus ngalamin juga bedrest saat usia kandungan masuk 24 minggu. Hal itu disebabkan ancaman keguguran dengan gejala adanya flek/perdarahan dan kontraksi berlebih. 

Setelah observasi dan rawat inap selama empat hari di rumah sakit, akhirnya dibolehkan juga pulang dengan catatan harus tetap bedrest. Demi kesehatan diri sendiri dan tentunya janin, mau tidak mau harus nurut saran dokter walaupun yang kebayang saat itu adalah bedrest berarti harus tiduran dan gak bisa aktif berkegiatan. 

Cara bedrest yang tepat adalah hal yang mesti diperhatikan. Karena jika tidak, bisa berujung stress juga. Bedrest itu istirahat tapi tetap harus bahagia dan nyaman karena salah satu tujuannya adalah agar kondisi ibu tetap stabil baik fisik maupun psikisnya.

Jadi, enaknya ngapain ketika kita berada dalam kondisi diharuskan bedrest? Bedrest yang tetap bahagia dan produktif!

Berdasarkan pengalaman pribadi nih, beberapa tips berikut mungkin bisa jadi pilihanmu agar tetap bahagia dan produktif saat menjalani bedrest.

Nuntasin PR Baca Buku



Agenda baca buku pasca punya batita memang diakui jadi berantakan. Susah untuk bisa baca sampai tuntas dalam waktu yang singkat. Nah, ini nih kesempatan yang pas buat nuntasin peer baca buku yang udah lama terabaikan. Disarankan tetap baca buku yang ringan-ringan saja, ya.

Baca Quran plus Murojaah Hafalan

Kegiatan ini sebenarnya jadi yang utama ketika bedrest. Bukan sekadar untuk mengisi waktu semata tapi lebih tepat lagi ini adalah salah satu obat yang bisa menyembuhkan keresahan dan ketakutan dari apa yang sedang dialami.

Nulis dan Nulis

Bagi yang punya hobi nulis walaupun cuma curhat-curhat ala diary biasanya kalau lagi bingung langsung larinya ke kegiatan ini. Memang terbukti paling enak buat ngisi waktu saat bedrest. Coba deh bikin jurnal syukur, sekaligus motivasi biar cepat kembali sehat.

Nge-doodling aja!


Buat yang suka gambar atau corat-coret, ini relaksasi yang ampuh buat ngusir kebosanan. katanya kegiatan ini juga bisa menghilangkan stress, loh!

Pasang Kancing

Gak perlu punya hobi khusus menjahit dulu, kan ya, buat kegiatan satu ini. Ayo cek lemari, biasanya ada aja satu kancing yang lepas dari baju koko suami, mungkin kancing bagian tangan baju kerjanya, atau baju anak. Sederhana dan ringan saja tapi tetap produktif, kan?

Ngobrol Asyik 

Menghabiskan banyak waktu di tempat tidur sendirian, dengan aktifitas terbatas? itu ‘sesuatu’ sekali. Bunda harus tetap jaga kewarasan. Selingi istirahat dengan ngobrol asyik bersama teman. Namun, harus tetap kontrol diri, ya! jangan karena keasyikan jadi lupa istirahat.

Pilih-pilih Nama Baby, yuk!

Ah, ini sih udah pasti bakal menyenangkan. Bagi yang udah pernah punya anak sebelumnya pasti sudah pengalaman serunya mencari nama-nama lucu buat calon buah hatinya. Kegiatan ini ringan dan bisa membuat bahagia jadi cocok buat selingan istirahat.

Bikin List Project Kegiatan Anak



















Agak serius ya, tapi enggak juga sih. Soalnya cuma nulis judul idenya aja. Lumayan buat isi bank ide kegiatan Home Schooling anak, dapet satu-dua cukup. Eksekusinya tunggu nanti sudah fit kembali.

***

Well, buat para bumil yang lagi bedrest, Selamat beristirahat !
Jangan lupa ajak janin ngobrol buat saling nyemangatin biar sehat bareng-bareng.







2 komentar:

  1. Semoga lekas sehat yaa, teh Mira.

    Aku kalo bener-bener ga (boleh) ngapa-ngapain biasanyaaa...poin nomer 1 nya teh Mira. Ambil buku di rak lalu baca.

    Soalnya suka kepikiran sama utangan buku dan pingin beli buku baru lagi.
    Haaha...*maruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. makasih Teh Lend..
      iyah baca buku emang paling praktis ya, bahkan bisa sekalian jadi obat tidur hehe

      Hapus