Sambut Ramadhan dengan Ghirah 3MQu: Membaca, Menghafal, dan Murojaah AlQuran


pinterest.com

"Allahumma ballighnaa Ramadhan"
Ya Allah sampaikanlah kami pada Ramadhan mendatang. Tak terasa dua hari lagi menjelang ramadhan 1438H. Mudah-mudahan Allah menyampaikan usia kita di pintu gerbang bulan barokah ini.

Kalau kita (memang serius) berdoa meminta agar bisa disampaikan pada bulan ramadhan, maka sebenarnya dipastikan bahwa momen itu memang ditunggu-tunggu, berarti spesial. Untuk menyambut kedatangan tamu spesial, berarti gak bisa biasa-biasa aja persiapannya. Selain itu, segala hal yang akan kita sajikan selama kehadirannya pun pasti akan dipastikan maksimal kan ya. ya minimal memang harus sudah niat untuk memaksimalkannya. Walaupun sebenarnya apa yang kita akan berikan itu, imbalannya adalah untuk diri pribadi juga.

Di ramadhan kali ini sedang ingin belajar memaksimalkan sajian indahnya AlQuran. Ingin bisa menikmati Ramadhan sebagai Syahrul-Quran.

Dalam rangka agenda ramadhan, biasanya kita suka bikin target ya baik untuk sendiri atau keluarga agar bisa maksimal dan produktif terutama dalam beribadah, nah ternyata tidak cukup hanya menuliskan target (selama) ramadhan tersebut, sebelumnya harus ada training dulu sebagai persiapannya agar pas ramadhan mulai, sudah siap untuk eksekusi.

Kalau dulu selalu berpikir bahwa ramadhan sebagai bulan training nya (untuk memaksimalkan ibadah) lalu di sebelas bulan lainnya sebagai penerapannya. Tapi sepertinya kebalik, harusnya ramadhan menjadi bulan untuk prakteknya bukan lagi untuk percobaan/ training tapi sudah waktunya untuk aksi performance terbaik.

Bismillah, dalam rangka menyambut kedatangan tamu spesial, ramadhan sebulan kedepan ini. Semoga bisa memaksimalkan hari-hari bersama alquran dengan kegiatan 3M-Qu berikut.

Menghafal Alquran
Setelah sekian lama baru lagi mencantumkan program ini di ramadhan karena biasanya fokus di tilawah alquran untuk bisa berapa kali khatam dalam sebulan. Kali ini, sambut ramadhan, ghirah menghafal sedang naik kembali, alhamdulillah mungkin karena persiapan sebelumnya; sudah merutinkan hafalan khusus di beberapa kelas tahfidz (walaupun baru bisa online).

Target Ramadhan ini merampungkan Juz 2 dengan baik (bukan cuma asal selesai setoran). Ya, masuk ramadhan, sisanya masih 8 lembar = 16 halaman, yang berarti kurang lebih harus bisa menambah hafalan setengah halaman dalam setiap harinya.
Plus tambah target spesial untuk surat Alkahfi, gak muluk-muluk..target hafal 20 ayat pertama surah Alkahfi di Ramadhan ini bersama tim di Rb.Tahfidz IIP.

Murojaah Alquran
Nah bab ini yang biasanya paling berat dan memang paling malas untuk dilakukan. Kadang semangat menghafal dan menambahnya menggebu tapi murojaah dilewat ya akhirnya hilanglah dengan mudah juga semua ayat-ayat yang sudah dihafal itu. Padahal murojaah adalah cara menghafal itu sendiri.

Sudah mulai memperbaiki 'salah kaprah' ini, alhamdulillah persiapannya sudah dimulai dari beberapa bulan sebelumnya, 'memaksakan' dulu untuk bisa selalu murojaah setiap harinya, ternyata jika berazam pasti bisa dan sedikit-sedikit tidak terasa memberatkan lagi.

Percobaan sebelumnya dalam waktu 40 hari ternyata bisa murojaah 1000 halaman. (*walaupun yang di murojaah hanya beberapa juz, jadi yang dimurojaah boleh halaman yang sama dan dilakukan beberapa kali ulangan). Di Ramadhan kali ini, bismillah harus bisa 1000 halaman dalam 30 hari.

Membaca Alquran.
 Sudah tidak asing ya dengan konsep one day one juz, kali ini masih tetap dengan program ini, yang berarti dalam satu bulan bisa satu kali khatam alquran. he minimal banget ya. Ya karena membuat target harus tetap terukur, jadi karena kali ini ditambah dengan menghafal + murojaah juga, bismillah semoga tilawah satu juz perhari ini pun bisa diselesaikan dengan baik.
______________________________
Semangat..Semangat
Semoga Allah memudahkan segala urusan dan tentunya semoga kita mendapatkan barokah Alquran di bulan mulia ini.
Marhabaan Yaa Ramadhaan

0 comments:

Posting Komentar