Yuk Intip Serba-serbi MPASI dalam Mini Ensiklopedia MP-ASI Sehat ala HHBF


Judul: Mini Ensiklopedia MP-ASI Sehat
Penulis: Tim Admin HHBF
Editor: Gita Romadhona & Ayuning
Ilustrator: Diani Apsari 
Desain sampul: Dwi Annisa
Penyelaras desain sampul dan tata letak: Landi A. Handwiko
Penerbit: PandaMedia
Jumlah halaman: 248 halaman
Harga: 104.000  83.200

Pada mulanya, memilih buku ini atas rekomendasi teman yang mengikuti sebuah komunitas parenting di sosial media facebook. Kebetulan lagi siap-siap nih menyambut persiapan MP-ASI Deqia. Walaupun ini adalah yang kedua kalinya menyambut momen MP-ASI anak, tapi ini pertama kalinya aku benar-benar serius ingin menggali dulu ilmunya. Karena pengalaman, dulu merasa dosa besar sempat lalai soal pemberian makan terhadap sulung. So, saat ini jangan sampai kembali.

Nah, momen itu sekarang sudah tiba kembali. Sempat bingung, buku panduan apa ya yang recommended. Akhirnya nanya temen, dan dia rekomendasiin buku ini. Walaupun saat itu, masih belum mengenal, apa dan siapa itu HHBF? 

HHBF
Di pendahulan buku ini, rupanya dibahas sedikit tentang apa itu HHBF alias Homemade Healthy Baby Food. HHBF ini adalah sebuah komunitas parenting yang dijadikan sarana sharing para orang tua dalam membuat dan menyiapkan makanan sehat untuk putra-putrinya. Bukan cuma ibu-ibu aja ternyata, nenek-nenek sampai para bapak pun ikut join di komunitas yang membernya ini sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia juga mancanegara. 

Bukan Cuma Buku Resep
Ok, dulu cuma ngebayangin kalau buku MP-ASI itu pasti cuma seputar kumpulan resep dan variasi menu makan bayi. Sama juga apa yang dipikirkan ketika pesan buku ini. Tambahannya karena ada kata homemade, oh ini isinya pasti menu ala rumahan semua. 

Ternyata enggak. Bukan cuma kumpulan resep, di dalam buku ini disuguhkan pengetahuan seputar pemberian MP-ASI yang disampaikan secara padat namun ringkas. Makanya, namanya juga mini ensiklopedia. 

Penyajian materinya runut, dari mulai alasan mengapa MP-ASI baik diberikan pada usia 6 bulan, mengapa harus bahan-bahan lokal yang digunakan, bahasan tentang bumbu, bahan-bahan sumber makanan, alat tempur MP-ASI, sampai cara memasak dari mulai persiapan, pengolahan, sampai penyajiannya. 

Full Gambar dan Warna
Biasanya tidak bergitu tertarik sama bahasan yang banyak teori, terlebih untuk buku MP-ASI, pasti maunya baca yang praktis. Tapi buku ini berhasil membuat saya mau baca satu per satu setiap halamannya, no skip. Padahal pas baca pembahasan sumber-sumber bahan MP-ASI, seperti lemak, protein, karbohidrat dkk, yang biasanya membosankan.

Ilustrasi dan layout nya ini mungkin ya, yang mendukung untuk gak bosen bacanya. Selain itu, setiap poin penjelasannya dibuat tidak bertele-tele.

infografis resep camilan (Sumber: foto pribadi )
(Sumber: foto pribadi)
Berdasarkan Panduan WHO
Oh ya, buku ini mengikuti ‘aliran’ apa? 
Karena banyak, kan, tuh metode yang beragam soal pemberian MP-ASI ini.

Nah, penekanan buku ini adalah pada metode MP-ASI WHO. Dijelaskan bagaimana pemberian MP-ASI bergizi seimbang sesuai skema Infant and Young Child Feeding yang dirumuskan oleh WHO dan UNICEF, yang menekankan pada pemanfaatan bahan-bahan lokal. Prinsip responsive feeding yang ditekankan pada metode WHO ini juga menjelaskan bagaimana pentingnya peran orang tua dan pengasuh dalam merespons petunjuk dan kebiasaan makan bayi.

Bonus Pengetahuan
Banyak bonus pengetahuan yang di dapat dari buku ini. Yang sebelumnya saya merasa tidak perlu tahu soal beberapa poin ini, tapi pas baca di buku ini saya jadi ngangguk-ngangguk. Oooh..begini, oh begitu. 

Bonus pengetahuan apa saja yang saya maksud?
Walaupun buku ini memang cenderung mengikuti ‘ajaran’ WHO, tapi disini dikenalkan juga metode lainnya. Apa, dan bagaimana kekurangan kelebihannya.
Jadi, dari buku ini saya tahu:
  • Bagaimana panduan MP-ASI WHO
  • Pola Food Combining (FC)
  • Panduan MP-ASI ala  FC
  • Panduan MP-ASI ala Vegetarian
  • Dan apa itu Baby Led Weaning (BLW)
(Sumber: foto pribadi)

Kumpulan Resep
Tapi ada resep-resep makanannya kan? Oh ya tentu saja. Di bagian terakhir, kita bisa temukan kumpulan resep camilan dan menu (main course) 4 bintang, yang pastinya disajikan menarik dengan full gambar berwarna juga infografis yang unik.

(Sumber: foto pribadi)
Bagi saya, anggap saja sebagai ibu baru, buku ini memang sangat membantu untuk mempersiapkan momen spesial 'makan pertama' sang buah hati.

“Buku tentang makanan bayi yang keren, komprehensif, berdasarkan kajian ilmiah yang baik dan dari sumber terpercaya. Ditulis dengan bahasa yang ringan, mudah dipahami serta disertai ilustrasi yang keren banget! Buku ini harus dimiliki semua keluarga Indonesia”
(dr. Fransisca Handy, SpA)


0 comments:

Posting Komentar