5 IDE DESAIN HOME OFFICE MINIMALIS DAN EKONOMIS

pixabay.com

Tempat atau meja kerja yang nyaman adalah salah satu syarat penting agar bekerja bisa tenang dan tetap produktif. Mempunyai tempat kerja yang nyaman, fresh, kondusif tentunya menjadi impian bagi semua orang sekalipun bagi yang ‘bekerja’ di rumah. 

Ketika kita mempunyai ‘ruang kantor’ atau tempat bekerja di rumah sendiri, tentu saja kita bisa lebih leluasa mengaturnya senyaman mungkin. Desainlah ruangan seunik mungkin yang bisa memberikan suasana lebih santai. Pastikan juga pencahayaan ruangan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Pemilihan furniture yang unik dan beberapa hiasan meja atau dinding juga bisa membuat meja kerjamu tidak membosankan.

Tentunya untuk memiliki home office yang chic dan nyaman seperti itu diperlukan budget. Namun tidak selalu harus mahal pastinya. Dengan anggaran yang terjangkau kita tetap bisa mendapatkan dan mendesain ruang kerja yang minimalis namun tetap nyaman dan fungsional.

Berikut ide desain home office minimalis yang bisa kamu coba di rumah tanpa harus mengeluarkan kocek tinggi:

1. Clean Minimalis
Sumber: Pinterest

Konsep minimalisnya dapet banget, ya. Sederhana namun tetap terlihat nyaman. Pemilihan meja dan kursi dengan warna yang sama dan teduh membuat pojok kerja ini terlihat adem. Pencahayaan pun baik karena posisi meja ini berada di dekat jendela. Lampu duduk yang dibuat tinggi menambah suasana meja kerja ini lebih kosong dan leluasa. Lihat, cukup dengan botol bekas dan setangkai dedaunan yang disimpan di ujung meja, aura segarnya ruangan dapat terasa.

2. Monochrome Minimalis
Sumber: Pinterest

Buat kamu pecinta nuansa monokrom, desain berikut bisa jadi pilihan. Konsepnya yang pasti tetap minimalis. Tidak perlu banyak hiasan dinding yang ditempel, cukup mengisi dengan 3 bingkai di satu sisi sudah membuat ruangan terlihat berisi. Pemilihan lampu yang unik! Lampu yang digantung ini bisa meminimalisir penggunaaan lahan meja. Lagi-lagi saya akan memperhatikan pot bunga yang diletakkan di atas meja, lihat ada dua pot mungil berwarna hitam dan putih membuat meja kerja ini terlihat lebih hidup. 

3. Homey-homey
Sumber: Pinterest

Ini dia tempat kerja di rumah yang  terasa banget konsep homey-nya. Bisa dilihat dari pemilihan kursi dan mejanya, kan. Disini tidak perlu sengaja mengisi dengan hiasan dinding seperti wall d├ęcor, kamu cukup simpan barang-barang favoritmu seperti gitar atau boneka di samping meja. Hal tersebut bisa menciptakan ruangan yang ‘kamu banget’. Menambahkan pot-pot bunga selain di meja bakalan berhasil juga membuat ruangan lebih fresh walaupun disana terlihat lebih banyak barang.

4. Green Minimalis
Sumber: Pinterest
Nah, ini yang jadi favorit saya pribadi. Konsep hijau yang minimalis. Tidak perlu banyak membubuhkan barang aksesoris lainnya. Cukup seperangkat komputer dengan tanaman di sekelilingnya. Dengan pot minimalis, yang mungkin bisa hanya dengan menggunakan toples kaca atau bejana bening saja, membuat suasana makin sempurna sejuk apalagi dengan pemandangan hijau dan air yang menyatu. Yakin deh, bisa membuat kerja lebih nyaman, produktif dan terhindar dari stress. 

Oh ya, tahukah, Bund? Bagaimana efek luar biasa menempatkan tanaman pada meja kerja Anda? Beberapa pakar dengan riset yang telah dilakukannya, menyatakan bahwa produktivitas pekerja dapat meningkat sekitar 10-15% setelah diletakkan tanaman hias di meja kerjanya. 

Dengan meletakkan tanaman hias di atas meja kerja, udara yang dirasakan akan terasa lebih baik, pasokan oksigen tentunya lebih memadai sehingga membuat kita bisa lebih berenergi dan berkonsentrasi. Bahkan dikatakan juga, bahwa secara psikologis, dengan melihat tanaman atau pohon akan dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Setuju juga, kan? Memandang yang hijau-hijau, adem,  dan sejuk bisa langsung memperbaiki/ menaikkan mood. Hasilnya, bekerja pun semaik bergairah dan bersemangat.

5. Tidy Minimalis
Sumber: Pinterest
Bagi yang sedang menerapkan metode konmari, desain dengan konsep tidy minimalis ini cocok sekali. Lihat drawer-drawer yang ada di bawah dan beberapa di atas meja, mendukung sekali untuk menyimpan barang sesuai kategori. Loker-loker kecil yang ditempel di dinding pun membuat semuanya tertata rapi. Spot pencahayaannya pun sempurna. Ada yang menarik lagi? Tempat sampahnya unik. Setuju?

Jadi, mana desain home office favoritmu? Siap mengubah meja kerja menjadi spot ternyaman di rumahmu? 


14 komentar:

  1. Kayanya tipe aku clean minimalis. Aku termasuk yang gak suka banyak barang di meja kerja. Berasa riweh aja gt... hihi

    BalasHapus
  2. Mau aaah kayak yg Tidy Minimalis. Aku suka banyak kertas² nih, simpen di laci bawah aja. Rapi deh...

    BalasHapus
  3. Monokrom minimalis. Itu saya sukaaa banget. Tidak terlalu banyak warna dan tidak penuh pernik.
    Kebayang betapa enaknya kalau betulan punya ruang kerja seelok ini.mood jadi lebih on.Betah duduk berlama lama.
    Asal jangan boleh diberantaki oleh para krucil saja hehe..bisa bisa jadi penuh lego dan montoran cilik itu

    BalasHapus
  4. Aku suka yang terakhir. Unik dan kece. Ada laci juga kan jadi notes2 kecil, pulpen dsb mudah disimpan disitu

    BalasHapus
  5. kalo enggak clean minimalis ya tidy minimalis. Saya enggak suka barang berantakan tapi kadang orang2 sekitar membuat apapun enggak mudah rapi, wkwkwk. pengen juga punya suasana kantor mini kaya gitu, pasti ngeblog makin seruu~

    BalasHapus
  6. Saya suka yang tidy minimalis. Bisa betah kalau sudah anteng duduk dan mengerjakan sesuatu. Seru banget ya kalau modelnya begitu. Bakal betah

    BalasHapus
  7. Aku suka tidy minimalis, lengkap dengan laci-laci nya, jadi simpan barang lebih rapi dan mudah terjangkau

    BalasHapus
  8. Aku suka semua. Tapi pertanyaannya bakalan dibajak anak-anakku nggak? Secara DuoNaj hobi banget corat-coret meja ibunya. Hiks hiks. Bokak-balik diberesi. Bolak-balik mereka bajak��

    BalasHapus
  9. Mau bikin yang Tidy Minimalis deh. Barang-barang kecil seperti pulpen, stabillo, hingga jarum pentul maunya berada dalam satu tempat. Saya suka loker-lokernya

    BalasHapus
  10. Aq suka monochrome minimalis dan tidy minimalis,..tx ya artikelnya mbak...

    BalasHapus
  11. Waah...kalau ada tempat kerja seperti ini, pasti bisa memacu semangat untuk bekerja ya...
    Saya suka kelima desainnya, loh!

    BalasHapus
  12. Saya pilih green, tapi tanaman tidak akan disimpan di vas. Takut tersenggol bisa basah deh lapornya.

    BalasHapus
  13. Suka yang tidy minimalis, konsep minimalis yang lengkap sama drawer2nya buat nyimpen ini itu.

    BalasHapus
  14. hehm. inspiratif banget ya, jadi pengen bikin meja kerja yang rapi gitu biar semangat walau hanya kerja di rumah

    BalasHapus