TEKTONA WATERPARK-KAMPUNG BATU, Destinasi Liburan Warga Bandung Selatan


Libur telah tiba … libur telah tiba! Hatiku gembira …

Horray! Liburan kemarin akhirnya sempat juga berenang dan asiknya tidak perlu jauh-jauh dan capek di jalan. Baru tau ternyata ada waterpark juga dekat daerah Banjaran. (kemana aja? :D)

Yup, Alhamdulillah kami berkesempatan berkunjung ke kawasan ekowisata Kampung Batu Malakasari yang beralamat di Jalan Raya Banjaran (Rencong) Desa Malakasari Kec. Baleendah Kab. Bandung. Lokasinya dekat sekali dari rumah. Tempat wisata ini cocok loh bagi warga yang ingin liburan tanpa harus terjebak kemacetan kota atau seperti kawasan Bandung Utara. 

Sesuai namanya, Kampung Batu, saat mulai masuk ke area lokasi wisata ini, kita akan disuguhi pemandangan batu alam yang indah. Kawasan Kampung Batu ini dulunya memang lokasi penambangan batu alam yang pernah dieksploitasi oleh masyarakat setempat. 
(Sumber: http://kampungbatu.co.id/)
Lama terbengkalai, akhirnya pada tahun 2002 kawasan tersebut dimiliki kemudian direklamasi oleh seorang pengusaha dan insinyur yang berasal dari Pangalengan sehingga tempat tersebut kini membentuk formasi geologi yang lebih indah dan unik.

Kawasan Ekowisata Kampung Batu memiliki beragam wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, ketika masuk gerbang kita akan langsung melihat lokasi flying fox sebagai wahana outbond dan saung-saung di sekitarnya.

Kemarin, tujuan kita langsung ingin bermain air di Tektona Waterpark. Untuk sampai ke sana, kita harus mengililingi sebuah danau. Para pengunjung bisa juga loh untuk mengelilingi danau tersebut dengan perahu kayu tradisional bahkan disediakan juga wahana untuk memancing di sana.

(Sumber: http://kampungbatu.co.id/)
Sampai akhirnya di parkiran dan turun dari mobil, kita langsung menuju Tektona Waterpark. Untuk tiket masuknya, kita cukup membayar 35.000/orang kebetulan kemarin pas hari biasa, kamis. Saat weekend atau hari libur tiket masuknya 50.000/orang. 

Oh ya sebelumnya, untuk masuk kawasan Wisata Kampung Batu ini kita bayar tiket dulu di gerbang masuk, masing-masing Rp.10.000/dewasa. Anak-anak (tinggi lebih dari 80 cm) bayar Rp.5.000/anak.

Nah, saatnya tiba masuk gerbang tektona water park, si bocah mungil langsung exited loh melihat area kolam anak dan balita di depannya. Sudah lama juga Izz tidak main ke kolam renang jadi dia begitu bersemangat. 
(Sumber: Gambar pribadi)
Karena kolamnya bukan kolam air hangat, akhirnya bunda dan bayi gak bisa ikutan serunya bermain air di sana. Seperti biasa … emak-emak biasanya nungguin barang-barang di pojok gazebo aja, tapi karena saat itu masih pagi, suasananya masih sepi dan nyaman jadi dengan santainya bunda juga bisa ikut jalan-jalan di area kolam sambil dorong stroller bayi. 

Di dekat area kolam disediakan juga fasilitas loker, jadi untuk yang mau menitipkan barangnya agar tenang saat berenang bisa menyewa loker yang berada di dekat ruang ganti dan toilet utama.

(Sumber: Gambar pribadi)
Di area tektona waterpark ini tersedia fasilitas modern seperti kolam ombak, kolam arus, kolam anak dan balita, kolam dewasa, mini slider untuk anak, air tumpah, juga mega slider bagi orang dewasa yang tingginya hampir 30 meter. 

(Sumber: Gambar pribadi)
Kalau Izz dan ayah kemarin asik main di kolam arus sampai beberapa putaran dengan memakai ban yang disediakan disana. Untuk  menyewa ban, kita harus membayar 15.000 rupiah/single, yang double (2 lubang) jadi 30.000 untuk 2 jam. Namun, enaknya jika kita mengembalikannya tepat waktu atau kurang dari 2 jam kita bisa dapet kembalian loh, jadi hanya membayar 15.000 saja. 

(Sumber: Gambar pribadi)
Oh ya, disini juga disediakan pojok kuliner di dekat area kolam anak dan balita. Tersedia aneka jajanan dari mulai seblak, zoupa, pempek, bakso, minuman dingin, dan lainnya. Kita sih kemarin bawa camilan dari rumah jadi gak harus jajan di sana. 

(Sumber: Gambar pribadi)
Kurang lebih 2 jam kita menghabiskan waktu di sana, ba’da dzuhur kita sudah naik dari kolam karena cuaca pun mendung jadi kita memutuskan untuk langsung pulang. Padahal sebenarnya masih banyak wahana yang tersedia di kawasan ecopark ini. Selain bermain air di wahana tektona water park, beberapa kegiatan lain yang bisa dinikmati di Kampung Batu ini adalah bermain flying fox dan out bond, berkunjung ke penangkaran rusa dan rumah kelinci, aktivitas berkebun, beternak, dan juga bertani.

Buat yang mau makan dulu setelah asik dan capek bermain, di sana kita sekalian bisa wisata kuliner juga di Dapur neng, tempatnya luas dan nyaman. Lokasinya berdampingan dengan tektona waterpark  dan dekat parkiran. 
(Sumber: http://kampungbatu.co.id/)
(Sumber: http://kampungbatu.co.id/)
Nah, buat warga Bandung terutama daerah Bandung Selatan dan sekitarnya, yang ingin liburan tapi gak mak jauh-jauh dan cukup terjangkau. Kampung Batu ini bisa jadi alternatif liburan keluarga. Buat kami pun, next liburan bakal main ke sini lagi nih, karena masih banyak wahana lain yang belum dicoba. 


1 komentar:

  1. INGIN CEPAT MENDAPATKAN UANG BANYAK?
    MARI GABUNG BERSAMA KAMI

    PROSES TERCEPAT. TERMUDAH dan TERPERCAYA.
    jadilah JUTAWAN di Bandar QQ
    Ayo Join Sekarang.
    Dan Daftarkan diri anda sekarang.

    BalasHapus