Mengenal Nabi Muhammad SAW dalam Kisah Nabi Seri Halo Balita




Judul: Seri Halo Balita: Kisah Nabi Muhammad SAW
Penulis & Ilustrator: Iwan Yuswandi
Penyunting Naskah: Ana P. Dewiyana & Indrayani Mallo
Desain Isi & sampul: Iwan Yuswandi 
Penerbit: Penerbit Pelangi Mizan, Anggota IKAPI
Jumlah halaman: 20 Halaman

Alhamdulillah buku ini menjadi buku pertamanya Deqia (5 mos). Kenapa buku ini yang jadi pilihan?

Yup, berharap bisa jadi buku pertama yang berkesan untuk Deqia. Buku tentang nabinya. Sangat disadari, alangkah lebih baik jika bacaan awal, buku pertama, dan cerita yang harus diberikan pada anak adalah mengenai sirah. Apalagi mengingat pentingnya mengenalkan teladan-teladan terbaik untuk membangun karakter anak. Sebagaimana Allah jelaskan pula dalam Firmannya,
“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman” (Q.S. Yusuf: 111)
Buku ini memang dihadiahkan untuk Deqia. Namun, bukan berarti hanya jadi bacaan untuknya saja melainkan juga untuk kakaknya. Bagi Izz dan Deqia, ini adalah buku pengenalan awal tentang sirah Nabi. 

Kenapa memilih buku ini?

Karena sebelumnya sudah mempunyai satu paket seri halo balita (yang 26 jilid itu, loh). Jadi, sudah ada gambaran bagaimana isi dan penyajiannya. Ilustrasi dan desain isinya memang cocok untuk anak balita dengan gambar yang dominan juga teks yang sederhana dan minimalis. Buku dengan jenis board book ini juga sangat tepat buat anak-anak karena tidak cepat rusak dan aman.

Board book yang berjumlah 20 halaman ini juga lebih ringan dibandingkan seri halo balita yang lain. Qia yang saat ini berusia 5 bulan saja sudah pandai memegang dan membukanya dengan baik. 

Menurutku, buku ini memang cocok untuk pengenalan awal tentang siapakah Nabi Muhammad SAW itu? Bahasa dan isinya tidak berat bagi anak-anak usia dini. Cerita dimulai dari siapakah ibu kandungnya, ibu susu, ayah, sang kakek juga pamannya. Mereka lah orang yang berpengaruh dalam kehidupan masa kecil Muhammad.

( Sumber: foto pribadi)
Tidak masalah untuk membacakan nyaring di depan anak-anak sampai berulang kali pun karena isinya ringkas dengan kalimat-kalimat pendek. Jadi, bagi bundanya pun tidak membosankan. Pastinya, mereka pun anteng menyimak kisah ini. Dengan terus diulang-ulang, mudah-mudahan apa yang disimak anak-anak bisa masuk ke dalam bawah sadarnya sehingga mereka tidak asing lagi dan mengenal baik nama ‘Muhammad’ sehingga kemudian, Izz dan Deqia akan semakin ingin tahu dan meminta sendiri kelanjutan kisahnya. 

( Sumber: foto pribadi )
Selain kisah Nabi Muhammad SAW, dalam buku seri halo balita mengenal nabi ini terdapat 9 judul lainnya, yaitu Kisah Nabi Nuh As, Shaleh As, Ibrahim As, Ismail As, Yusuf As, Yunus As, Musa As, Daud As, dan Isa As.





0 comments:

Posting Komentar