4 Tempat yang Bikin Asyik Baca Buku


pixabay.com

Berbicara tentang tempat favorit baca buku, mungkin sebagian ada yang tidak begitu mempedulikannya. Namun, ada juga yang justru menjadikannya nyawa dalam kegiatan membaca. Ada yang berpendapat yang penting udah bareng sama buku, dimana pun pasti bakal langsung asyik terhanyut dalam bacaannya. Namun, ada juga yang gak bisa nikmat baca kalau gak di tempat favoritnya, jadi sebuah tempat sangat berpengaruh baginya. 

Nah, kamu tipe yang mana?
Saya sendiri termasuk tipe yang punya tempat favorit untuk kegiatan membaca. Kalau gak di tempat tersebut, saya gak bisa baca lebih banyak. Dimana saja tuh si tempat favorit? 

1. Pojok Ruang Kelas



Ruang Kelas Kosong. Ini tempat favorit baca zaman sekolah dulu saat di Pesantren. Siang menjelang sore adalah waktu teraman untuk bisa asyik baca karena biasanya yang lain pada tidur atau sibuk nyuci baju. Saya melipir dulu ke ruangan yang agak tersembunyi, lalu pilih kursi pojok yang menghadap jendela ke luar dengan pemandangan sawah dan jalan kereta api, Sip! Di sana lah tempat favorit untuk khusyu berduaan dengan buku.

2. Angkutan Umum

Ini zamannya pas nganggur antara sekolah dan kuliah. Tiap hari ngangkot atau naik bus kecil. Karena perjalanan cukup jauh dari sebuah desa di Kabupaten ke Kota, pastinya banyak waktu habis di jalan. Kalau cuma buat tidur, ini terlalu kenyang, jadi wajib bawa buku bacaan pas di angkutan umum. Yang pasti selalu bisa khusyuk bisa namatin beberapa komik atau nuntasin rangkuman materi les. Akhirnya sepanjang perjalanan walaupun macet-macetan dilewati tanpa terasa.

Oh ya, berbicara soal tempat satu ini. Sekarang sudah mulai banyak bermunculan kan ya adanya angkot perpustakaan. Nah, tahukah baru-baru ini ada program kegiatan unik lainnya juga, loh. Sebuah kegiatan gerakan membaca buku dalam rangka ajakan kepada masyarakat untuk bisa membaca di berbagai alat transportasi salah satunya adalah kereta. Ya, nama gerakan ini adalah KeReadTa. Aksi kegiatan ini baru diadakan tanggal 22 April 2018 lalu.

Dilansir dari sebuah berita di CNN Indonesia bahwa gerakan KeReadta digelar sekaligus memperingati 'Hari Buku Sedunia' yang jatuh tiap 23 April. Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan KeReadta.

Asik banget, kan? Tapi emang fakta, loh. Membaca buku saat di angkutan umum itu bisa tetap asik kok,  yang pasti tetap harus waspada ya!

3. Toko Buku


Kelakuan zaman kuliah. Pengen baca buku tapi gak punya dan gak ada budget buat beli. Ya, solusinya jalan-jalan ke toko buku. Gak perlu beli, cari aja buku yang gak disegel, ambil, cari kursi kosong, lalu duduk manis saja nikmatin baca. Pokoknya ini tempat favorit banget. Di saat yang lain mungkin lebih asyik dengan melihat banyak koleksi di perpustakaan, saya lebih senang lihat koleksi buku di toko buku. 

Bakal tambah seru pastinya jika ternyata toko bukunya berdesain unik dan indah. Seperti Livraria Lello, toku buku terindah yang berada di Portugal, atau The Last Bookstore yang berlokasi di California. Toko buku ini mempunyai ciri khas susunan bukunya berdasarkan warna dan adanya terowongan dan labirin yang tersusun dari buku-buku bekas.

Tapi gak cuma di Luar Negeri, ternyata ada juga toko buku unik di Indonesia yang bisa bikin betah untuk berlama-lama menikmati buku di sana.

Di Bandung, ada Reading Lights. Di sini kita bisa beli buku-buku bekas dan plus-nya lagi boleh banget hanya untuk baca-baca saja tanpa harus membeli. cucok. Kamu mau jual buku lama atau menyumbangkannya di sini? Boleh juga loh. Keren ya.

Rading Light Bookshop and Coffee Bandung
Lainnya, ada Or and bookstore di Yogyakarta. Toko buku bekas yang dipadukan dengan konsep kafe. Wah pastinya recommended ya buat jadi tempat baca favorit.  Koleksi buku di sini didominasi oleh buku-buku import.
And Or Bookstore Jogjakarta


4. Kamar Tidur

Balik lagi ke tempat baca favorit, yang terakhir nih. Setelah berstatus jadi emak rempong, masih bisa baca buku dong tentunya. Hanya waktu dan tempat yang harus menyesuaikan dengan segala kerempongan yang dilalui setiap harinya. Nah, kalau saya, waktu yang tepat untuk baca buku adalah saat gendong bayi tidur, dan spot ternyaman itu adalah di kamar, di atas kasur. Sempurna. Karena kamar tidur itu lebih bersifat privasi ya, jadi bisa lebih bebas dan minim dari gangguan orang-orang makanya cocok jadi tempat favorit buat mojok baca buku. 

Nah, kalau kamu? Dimana tempat favorit kamu baca buku?






11 komentar:

  1. Favorit saya di kamar tidur. Saat anak-anak sudah lelap. Rasanya jadi "me time" yang damai😊

    BalasHapus
  2. Whaa aku gak bisa banget tuh baca di angkot, pusing goyang-goyang... Paling enak itu buat aku baca buku di taman.

    BalasHapus
  3. Kasur sih mbak udah paling the best bisa segala posisi hehe bisa sambil ngemil juga wkwkw terus kudu sendirian biar kalo bukunya sedih bisa ampe termehek-mehek

    BalasHapus
  4. Ingat pas masih kuliah baca buku di bus trus kelewat deh tempat yang dituju jadi balik lagi naik bus. Sering banget nih bisa nggak denger kalau asyik baca buku. Selama ini tempat fav tetap di atas kasur.

    BalasHapus
  5. Aku sih mojok di sofa di rumah. Wah...kalo di tempat tidur alamat bobo sih. Sering juga pas nunggu antrian di klinik. Jadi buku di bawa ke-mana² deh...

    BalasHapus
  6. kalau saya di ruang tamu atau di ruang tunggu bandara hehe, biasanya suka lama kan nunggu mau landing tuh, baca deh buku. Terus kalo dirumah biasanya di ruang tamu, kadang tempat tidur sih tergantung keinginan hati, hihi. tapi kangen juga baca buku di tokbuk. udah lama enggak kesana, heu~

    BalasHapus
  7. Kalo saya tipe yang bisa baca buku dimana aja. Yang penting bukunya nempel di tangan. Heheheee

    Bahkan pernah saya baca buku di mall Loh. Saking penasaran karena buku yang saya baca belum selesai tapi diajakin nonton sama saudara. Jadilah saya baca buku di mall sembari nunggu bioskop buka

    BalasHapus
  8. Nomor 2 dan 3 jaman muda dulu sama hahaha..apalagi di toko buku, sampai nunggu diusir kwkwkw
    Kalau kini di kamar tidur atau selonjoran di sofa. Juga di parkiran pas jemput anak sekolah

    BalasHapus
  9. Paling enak membaca buku saat berada di transportasi umum, mulai dari angkot, bus, kereta, sampai pesawat. Asal jangan pas naik ojek aja, wkwkwkwk ...


    Tempat tidur adalah wilayah terlarang untuk membaca. Karena aku tuh sangat mudah tertidur kalau sudah ketemu yang empuk-empuk. Rencana membaca bisa bubar jalan karenanya, hahaha ...

    BalasHapus
  10. Tempat favorit saya untuk baca buku itu di toko buku dan di kamar tidur..sampai ngantuk-ngantuk...sambil tiduran..kadang buku langsung jatuh ke muka ��

    BalasHapus
  11. Baca memang bisa dimana saja ya, Mbak. Tapi kalau saya sih paling suka di kamar atau di teras sambil ngadem. Walaupun seringnya ga bisa lama karena anak ngajakin main :)

    Keep reading book 'till the end, hehe

    BalasHapus