ABU BAKAR itu KEREN!



Serial Berbagi Kisah
Seri Kisah Sahabat Nabi

Abu Bakar itu Keren!
Oleh Mira Humaira

“Bunda, tadi aku kasih pinjam mainan aku loh buat teman-teman,” ujarnya ketika ia mulai bercerita.

Bunda mengacungkan jempol tanda apresiasi untuk tindakan anak laki-laki jagoannya.

"Oh ya, temenku juga tadi kasih aku kue. Enak loh, Bunda. Besok aku juga mau bawa makanan ya buat teman-teman,” ujar Alif.

"Alhamdulillah, Tabarakallah. Asyik, ya, Kak. Bisa bermain bersama teman-teman, saling meminjamkan mainan pula dengan senang hati?” tanya Bunda.

“Iya Bunda. Seru!” Alif bersemangat.
“Orang baik, yang senang berbagi, juga dicintai Allah, loh, Kak!” ujar Bunda.
“Bakal masuk surga juga dong, Bun!” timpal Alif.
“Kakak pernah mendengar nama Abu Bakar, kan?”

Wajah mungil itu sedikit ragu, matanya berputar seperti mengingat sesuatu.

“Oh ya, temannya Nabi,” ujarnya.
“Betul, beliau adalah orang shaleh yang dermawan dan dijamin akan masuk surga!” bisik Bunda membuat Alif penasaran.

“Asik, kita mau dongeng, ya, Bunda?” tanya Alif meyakinkan.

“Mari!”

***
Siapa yang tahu Abu Bakar? 
Pasti sudah sering mendengar namanya, bukan?

Abu Bakar ash-Shiddiq kita mengenalnya. Seorang yang begitu dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Ia adalah sahabat setia Rasulullah.

Tahukah, Kak? Abu Bakar adalah orang yang sangat baik. Ia suka menolong sesama. Abu Bakar tidak pernah pelit membagikan hartanya untuk membantu orang-orang yang kesusahan. Apalagi untuk keperluan agamanya, Abu Bakar selalu menginfakkan hartanya di jalan Allah. Keren, ya, Kak?

Nah, siapakah sebenarnya Abu Bakar?
Nama Abu Bakar sebenarnya adalah nama kunyah, yaitu nama panggilan atau julukan yang biasa digunakan oleh masyarakat Arab sebagai penghormatan. Sebagaimana biasa kita dengar juga ada nama Abu Ubaidah, Ummu Salamah, Ibnu Zubair, dan lainnya.

Jadi, siapakah nama sebenarnya Abu Bakar?
Nama asli Abu Bakar adalah Abdullah. Sedangkan nama lengkapnya adalah Abdullah bin Utsman bin Amir at-Taimi al-Qurasyi. Itu artinya, ayahnya Abu Bakar bernama Utsman yang dikenal juga dengan panggilan Abu Quhafah.

Abu Bakar adalah sahabat Rasul yang terkenal, loh, Kak. Beliau terkenal dengan keshalehannya, kesederhanaannya, terutama kedermawanannya. 

Ada suatu kisah. Suatu hari umat islam akan menghadapi perang, namanya perang Tabuk. Perang ini membutuhkan uang yang sangat banyak.

Lalu apa yang dilakukan oleh seorang Abu Bakar? Beliau tidak tanggung-tanggung meginfakkan semua hartanya tak tersisa untuk keperluan perang tersebut. Hingga Rasullah Shallallahu ‘Alaihi wasallam bertanya kepada beliau, “Wahai Abu Bakar, begitu banyak harta yang engkau bawa, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?”. Abu Bakar menjawab, “Untuk keluargaku cukuplah Allah dan Rasul-Nya.” Masya Allah.

Mau tahu kisah lainnya, bagaimana kerennya Abu Bakar dalam sifat kedermawanannya?

Pernah mendengar nama Bilal, bukan?
Bilal dulunya adalah seorang budak milik tuan yang bernama Umayyah. Namun, Bilal sering diperlakukan jahat apalagi setelah tuannya tahu bahwa Bilal diam-diam sudah memeluk agama islam. Bilal pun terus disiksa oleh Umayyah.

Abu Bakar yang tidak tahan melihat kedzaliman didepan matanya pun lansung membebaskan Bilal dari Umayyah. Tanpa ragu, Abu Bakar rela mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk membeli Bilal dengan harga yang sangat tinggi dari tuannya. Kemudian, Abu Bakar pun memerdekakannya. 

Begitulah, bagaimana Abu Bakar dengan harta yang dimilikinya selalu ingin bisa berbagi dan menolong sesama. Dan semua itu dilakukan semata-mata hanya untuk mencari keridhaan Tuhannya, Allah ‘Azza wa Jalla. Bahkan, Allah Subhanahu Wa Ta’ala pun memuji sifat Abu Bakar, sebagaimana tertulis dalam Al-Quran surah Al-lail ayat 17-21.

“ Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya. Padahal tidak ada seseorang pun memberikan sesuatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, tetapi dia memberikan itu semata-mata karena mencari keridhaan Tuhannya yang Maha Tinggi. Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan.”
***

“Masya Allah! Luar biasa, kan, ya? Begitulah cara Abu Bakar mencintai Allah sehingga Allah pun mencintainya. Oh ya, Kak. Abu Bakar juga adalah salah satu dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga.” Bunda menutup cerita malam itu dengan penuh makna.

“Wah! Abu Bakar itu, keren ya, Bunda!” 

0 comments:

Posting Komentar