Ikutan Yuk! Donasi Buku Via POS Indonesia di Setiap Tanggal 17. Bagaimana Caranya?

pixabay.com

Haloha! Sudah lama tak menyapa. Kali ini aku mau berbagi cerita tentang pengalaman berbagi buku di gerakan donasi buku gratis bersama Pos Indonesia. By the way, bagi teman-teman yang memiliki setumpuk buku yang mungkin sudah selesai dibaca atau tidak terpakai lagi kemudian berniat menyumbangkannya tapi bingung mau kemana dan bagaimana mengirimkannya, Nah teman-teman bisa ikut program dari PT. Pos Indonesia untuk mendonasikan bukunya ke seluruh penjuru tanah air dengan bebas biaya pengiriman loh! 

Pengiriman gratis buku  yang diprakarsai oleh PT. Pos Indonesia ini merupakan bentuk implementasi  dari gerakan “BUMN Hadir untuk Negeri” juga bagian dari partisipasi aktif dalam menyukseskan program pemerintah “Gerakan Literasi Nasional”. Pengiriman buku gratis ini bisa kita ikuti pada tanggal 17 di setiap bulannya. Jadi, tidak perlu merasa berat untuk menyumbangkan buku karena biaya ongkir nya ya teman-teman. Kebijakan ini memang ditetapkan juga oleh Presiden Jokowi sebagai solusi dari keluhan para aktivis literasi atas tingginya biaya pengiriman terutama ke wilayah pelosok dan daerah terluar Indonesia.

Nah, bagaimakah caranya? Ribet gak, sih? Caranya mudah kok. 

1. Pack Buku dengan Rapi Maksimal 10 Kg


Setelah kita memilah dan menentukan mana saja buku yang mau disumbangkan, kita bungkus atau packing dengan rapi agar kondisi buku tetap terjaga baik karena dengan pengemasan yang kurang aman biasanya ujung-ujung buku bisa rusak. Perlu diketahui juga, ada ketentuan dari pihak pos bahwa tiap donatur hanya dapat mengirim 1 paket donasi dengan berat maksimal 10 kg. Jangan lupa juga untuk mengepak buku dengan penuh cinta dan niatkan agar buku bisa sampai pada pembaca dengan penuh manfaat. 

2. Tentukan Alamat Tujuan Rumah Baca (Rumba) atau Taman Baca Masyarakat (TBM) 

Jika teman-teman sudah punya taman baca tujuan sendiri, maka sebelumnya kita wajib nih mengecek apakah taman baca yang kita maksudkan sudah tercantum dalam daftar tujuan pngiriman donasi buku untuk masyarakat di kantor Pos Indonesia atau belum, karena jika belum terdaftar otomatis paket tidak bisa diproses langsung. Teman-teman bisa mengecek daftarnya di sini. 

Namun, jika masih bingung akan dikirimkan kemana, teman-teman bisa memilih tujuan dari daftar yang tertera di atas. (Bisa klik di 4 option seperti di bawah ini).

Alhamdulillah pengalamanku kemarin, beberapa kali bisa berbagi ke Lapak Baca Gerakan Langkat Pintar di Medan Sumatera Utara. 

3. Sertakan Hashtag #BERGERAK


Ketika menuliskan alamat tujuan pengiriman, sertakan hashtag #BERGERAK di atas dan samping paket buku untuk menandakan paket kita memanfaatkan fasilitas pengiriman gratis dari Pemerintah. Pengalamanku kemarin ditambahkan juga hashtag #DonasiBuku dan #BukuBergerak

4. Kirimkan Paket Buku melalui Kantor Pos kecuali Agen Pos


Pastikan untuk mengirim paket buku melalui kantor pos bukan agen-agen pos. Teman-teman bisa cek daftar kantor pos yang bisa untuk pengiriman buku gratis disini .

Setelah sampai di kantor pos, teman-teman hanya perlu menginformasikan pada petugas pos bahwa paket buku ini untuk program donasi buku dengan pengiriman gratis kemudian petugas akan mengecek alamat tujuannya. Jika sudah terdaftar, akan langsung diproses lalu teman-teman tinggal menunggu resinya.

5. Hubungi Contact Person atau Pengelola Taman Baca yang Kamu Tuju


Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa buku donasi sudah sampai dengan selamat di tempat tujuan. Dan siap-siap loh, kita akan merasakan kebahagiaan tersendiri saat pihak pengelola taman baca mengkonfirmasi bahwa buku kita sudah sampai dan para pembaca di sana sangat senang dengan buku kiriman kita.
Kegiatan Lapak Baca Gerakan Langkat Pintar 
Kegiatan Lapak Baca Gerakan Langkat Pintar 

Caranya mudah sekali, bukan? 
Ayo pastikan kamu juga bisa ikut menyukseskan program pemerintah “Gerakan Literasi Nasional” dengan ikut mendonasikan buku untuk seluruh anak bangsa di penjuru Indonesia. Dan pastikan juga untuk mengirimkan paket bukumu di tanggal 17 agar bebas dari biaya pengiriman!
Terima kasih POS Indonesia!

Mari berbagi buku, mari berbagi kebahagiaan!

“Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya.” -Ali bin Abi Thalib -



1 komentar:

  1. Wah.. Saya baru tahu nih ada program seperti ini dari PT. POS Indonesia. Kebetulan saya sedang mencari "rumah" baru untuk buku-buku saya. Terima ksh infonya bun.. 😊

    BalasHapus