Petualangan Bani dan Bon-Bon: Tamu Spesial Bawah Laut

Seri Petualangan Bani dan Bon-Bon:

Tamu Spesial Bawah Laut Wakatobi
Oleh Mira Humaira

https://pngtree.com/freepng/
Halo teman-teman. Siap bertualang lagi? Ayo!
Kali ini Bani dan Bon-Bon akan mengajak teman-teman untuk berpetualang dan menikmati keindahan bawah laut.

(Ikuti cerita perdana petualangan Bani dan Bon-bon di sini)

Tahukah teman-teman, negara kita merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas sehingga tidak heran lagi loh jika negara kita terkenal dengan wisata bawah lautnya.

“Indonesia itu surganya wisata bawah laut loh, Bon. Banyak penyelam dan wisatawan dari berbagai penjuru dunia sudah membuktikannya. Makanya, kita juga jangan ketinggalan dong, ayo kita bersenang-bersenang dan menikmati indahnya laut Indonesia!” seru Bani yang sudah tak sabar untuk segera beranjak masuk pesawat layang Bon-Bon.

https://nusantarakaya.com/wawasan-nusantara/negara-kepulauan-indonesia/
“Ayo! Eh, kamu tahu gak, Bani. Ada baaanyak sekali tempat wisata bawah laut di Indonesia. Negara kepulauan kita memiliki 55 destinasi selam dengan 1500 titik selam mulai dari Aceh hingga Papua. Keren sekali, bukan?” jelas Bon-Bon membuat Bani semakin tercengang.

“Aku tidak sabar ingin segera mengunjungi salah satu tempat terbaiknya, Bon-Bon. Ayo!” seru Bani bersemangat.

“Seperti rencana kita, kita akan mulai dari pulau Sulawesi ya, Bani. Ayo bersiap!!”

Baca juga: Seri petualangan Bani dan Bon-bon di Gunung Rinjani

Bani dan Bon-Bon bersiap dengan segala perbekalan dan tidak lupa untuk mengecek keamanan saat menaiki pesawat layangnya. Dengan terampil dan sigap, Bon-Bon menyetir pesawat layangnya meliuk-liuk di udara. Apakah teman-teman tahu, kira-kira Bani dan Bon-Bon akan menuju wisata bawah laut apa ya di pulau Sulawesi?
***

“Horee, kita sudah sampai. Ini dia… sekarang kita berada di Taman Nasional Laut Wakatobi!” teriak Bani kegirangan.
“Tepatnya kita berada di Pulau Sulawesi Tenggara di kabupaten Wakatobi” tambah Bani.

Pemandangan Laut Pulau Wakatobi dari audara
https://www.wisataseribupulau.co.id/tour/pulau-wakatobi/

“Eh aku punya tebak-tebakan nih, Bani. Nama WAKATOBI itu ternyata sebuah akronim, loh. Ayo tebak kepanjangannya apa?” tanya Bon-Bon.

“Hehe… Aku tahu aku tahu! Nama Wakatobi merupakan akronim dari 4 nama gugusan pulau yang membentuknya kan, Bon. Keempat pulau itu adalah Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Jadilah kita mengenalnya dengan nama Wa-Ka-To-Bi. Begitu kan, Bon?” Bani menjawab dengan percaya diri.

Indahnya kepulauan Wakatobi
 (http://indonesiawow.com/)
“Wah..kamu hebat Bani. Rupanya kau sudah tahu, ya.”
“Tentu saja. Aku kan senang membaca jadi aku banyak tahu,” jawab Bani bangga.
“Hehe baiklah. Kita sudah sampai di pantainya nih. Eh lihat di sana ada bibi burung laut, Bani. kita ke sana dulu yuk!” ajak Bon-Bon sambil berjalan menghampiri seekor burung laut berwarna coklat.

Sula leucogaster, penduduk khas di Wakatobi (www.pinterest.com)
“Halo Bibi…” sapa Bani dan Bon-Bon.
“Oh, ada tamu rupanya. Selamat datang di Taman Nasional Laut Wakatobi. Kenalkan aku adalah angsa batu coklat, salah satu penduduk khas di sini. Kalian bisa panggil aku Bibi Sula”. Bibi angsa batu coklat itu menyapa kembali Bani dan Bon-Bon dengan ramah.

“Baik Bibi Sula. Oh ya, Bibi. Kami ingin ke menikmati keindahan bawah laut di sini, Bisakah kami diving di sini.
“Wah iya tentu saja. Kalian tidak lupa membawa perlengkapannya, bukan?”

“Tentu saja, Bibi. Ini dia,” Bani menunjukan tas ranselnya yang gemuk berisi semua bekal perlengkapan menyelam. Diperlihatkannya semua isi di dalam ransel, ada masker atau kaca mata penyelam, baju selam, fins atau kaki katak, BCD atau jaket selam, sabuk pemberat, regulator dan tabung udara, senter, juga snorkel untuk snorkling.

“Bagus sekali. Semuanya lengkap. Ingat! Hati-hati ketika menyelam nanti ya. Kalian tidak akan menyesal loh bisa menyelam dan berkunjung ke taman bawah laut Wakatobi. Nanti di sana kalian akan bertemu teman-teman ikan yang baik hati. Jika beruntung, kalian juga bisa bertemu dengan tamu spesial taman bawah laut.” tutur Bibi Sula sambil tersenyum.

“Tamu spesial? Siapa mereka, Bibi? Tanya Bani dan Bon-Bon kompak.
“Rahasia!” seru Bibi Sula tersenyum lebar. “Nanti kalian akan tahu sendiri”

Bani dan Bon-Bon kemudian bersiap menggunakan semua perlengkapannya. Mereka semakin dibuat penasaran namun semakin bersemangat juga.

Siapakah tamu spesial yang dimaksud Bibi Sula yang akan mereka temui di taman bawah laut Wakatobi?

[bersambung...]
ikuti cerita lanjutannya di sini, ya!

Note: Seri petualangan Bani dan Bon-bon dengan dua tokoh utama dua kelinci yang senang berpetualang ditulis sebagai media untuk mengenalkan alam Indonesia kepada anak-anak melalui cerita informatif dan fakta unik di dalamnya. 

Sumber referensi:
  • http://bobo.grid.id/read/08675907/indonesia-surganya-wisata-bawah-laut
  • https://www.dream.co.id/jejak/begini-asal-usul-penamaan-wakatobi








16 komentar:

  1. Saya suka banget lihat dalaman laut, pengen banget melihat kehidupan laut...srmoga bisa sampai sana...Aamiin

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tau loh WAKATOBI itu akronim..hihi inginnya aku menikmati wisata bawah laut di wakatobi seperti Bani dan Bon-Bon ini.. ajakin aku juga dong sebagai mysteri guest heheh

    BalasHapus
  3. duh ini teh my wishlist hehe, dari dulu ngidam mau ke wakatobi, pengen banget bisa snokeling disana, aaaaaa, semoga kesampean suatu saat nanti. Makasih mba infonya bikin aku tambah ngidam wkwk.

    BalasHapus
  4. Baru tau deh kalau Wakatobi itu ternyata akronim. Apakah aku bakal bisa jadi tamu spesialmu Bani dan Bon bon? Hehehe

    BalasHapus
  5. waduh aku Geografi dulu enggak masuk kali ya..baru tahu kalau Wakatabi itu ada singkatannya hahaha
    Ini indah banget memang. Masya Allah.
    Berasa sekeping surga di bawah laut saja.
    Mupeng ke sana jadinya..:)

    BalasHapus
  6. Wakatobi jadi salah satu must visit place juga bagiku mbak. Ceritanya ini bagus nih, kepo kelanjutannya hehe

    BalasHapus
  7. Bagus ceritanya, Mbak. Bani dan Bon-bon pemberani, yak. Saya blm berani menyelamatkan, nih. Hehe... Penasaran dengan lanjutannya, nih :)
    Btw, kenapa gak coba diajukan ke penerbit, Mbak?

    BalasHapus
  8. wah ini ceritanya keren banget, bunda. Mengenalkan keindahan alam nusantara kepada anak-anak melalui cerita. Super!

    BalasHapus
  9. Berkat Bani dan Bon-bon akhirnya saya jad tau, ternyata Wakatobi itu merupakan singkatan nama-nama pulau. Terima kasih Bani...

    BalasHapus
  10. Wah, ceritanya mengedukasi ban_et ya mbak, saya aja suka, apalagi anak anak, mereka bisa mengenal bawah laut dati misah ini

    BalasHapus
  11. Teh Mira hebat idenya, suka deh. Anak-anak pasti seneng diceritain petualangan seperti ini. Nunggu lanjutannya ah

    BalasHapus
  12. Ceritanya enak dibaca, cerita plus ilmu pengetahuan, keren, anakku betah berlama-lama bacanya

    BalasHapus
  13. Engga sabar nunggu lanjutan kisah Bani dan Bon-bon. Tadi mikir, kok kelinci sih. Eh iyaa...Bunny kan kelinci. Bani...
    Jadi nambah pengetahuan deh...

    BalasHapus
  14. cerita dan karakternya bagus. ada bibi sula juga. nice posting

    BalasHapus
  15. Wakatobi ternyata singkatan ya baru tau sy mbak heh. Wah semoga bs merasakan kebesaranNya dengan melihat bawah laut. Amin

    BalasHapus
  16. Baru tahu sumpah Wakatobi itu akronim. Hehe...madih cetek berarti wawasanku tentang destinasi wisata di Indonesiam thx y mb infonya ttg Wakatobi...

    Ditunggu cerita lainnya...keren dah pokoknya.

    BalasHapus