Petualangan Bani dan Bon-Bon: Kawan Baru Taman Laut Wakatobi

Seri Petualangan Bani dan Bon-Bon:

Tamu Spesial Bawah Laut
(Bagian II)
Oleh Mira Humaira

www,pinterest.com
Lanjutan, cerita sebelumnya di sini

Bani dan Bon-Bon bersiap menuju lokasi spot diving. Untuk menuju kesana mereka harus menaiki perahu karet kemudian menuju dive boat. 

“Semuanya sudah diperiksa dan aman kan, Bani?” tanya Bon-Bon meyakinkan.

“Siap, Bon. Aku sudah memakai semua perlengkapannya,” jawab Bani sambil mengacungkan jempol.

“Oke. Tidak perlu panik, ya, saat mulai menyelam dan tetaplah bernafas secara stabil saat di dalam air,” jelas Bon-Bon.

“Siap, Master Bon-Bon. Sebelumnya, ayah juga sudah mengajariku cara menyelam yang benar. Jadi kamu tenang saja, “ Bani meyakinkan.

“Baiklah. Ayo kita mulai petualangan di bawah laut!!” teriak Bon-Bon bersemangat.
***
Tubuh mungil Bani dan Bon-Bon mulai memasuki air yang saat itu terasa hangat. Semakin dalam mereka menyelam semakin banyak pemandangan indah yang mereka lihat. Saat berada di antara terumbu karang yang cantik, mereka bertemu dengan penyu hijau, lobster, dan ikan ekor pelangi.

www.wisatasulawesi.com

Bani dan Bon-Bon rupanya sudah lentur bergerak di bawah laut. Dengan cepat dan terampil, mereka pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hingga tibalah mereka di suatu tempat yang begitu ramai.

“Lihat, Bon-Bon. Sepertinya disana sedang ada pesta!”

“Iya Bani. Ayo kita ke sana sekalian berkenalan”

“Permisi, apa kami boleh bergabung?” sapa Bani mendekati seekor ikan yang berukuran cukup besar dengan bibir tebal dan tonjolan di kepalanya.

“Silakan. Kami sedang mengadakan pesta musim hangat. Kenalkan, aku Napoleon”

Ikan Napoleon-the King of Ocean-,Cheilinus undulatus (https://nusantara.news)
Bani dan Bon-Bon tersenyum dan berterima kasih pada ikan berkepala biru itu. Ternyata Napoleon baik dan ramah walau wajahnya sedikit menakutkan, hihi. 

Tahukah, Teman-teman? konon katanya,  ikan berkepala biru ini dinamakan Napoleon karena bentuk tonjolan di kepalanya itu mirip seperti bentuk topi kaisar perancis, Napoleon. Hihi

Bani dan Bon-Bon semakin merasa takjub. Di sana, mereka bertemu dengan banyak jenis ikan yang baru mereka kenal.
  Oh, ya, Teman-teman, diperkirakan kekayaan jenis ikan di taman bawah laut wakatobi  terdiri dari 93 jenis, loh, dan lebih dari 112 jenis karang menghiasi oceania ini. 
Bani dan Bon-Bon akhirnya ikut asyik berpesta juga bersama ikan-ikan dan biota laut lainnya. Ada yang bernyanyi, menari, bermain musik, dan main berkejaran. Seru sekali!

Di tengah keseruan acara pesta. Tiba-tiba dari kegelapan, Bani melihat makhluk berukuran besar sekali menghampiri tempat pesta. Bani berteriak, “Awaas! Ada monster laut. Ayo lariii!!”.
Bon-Bon pun ikut panik siap berlari.

Manta birostris (www.merdeka.com)
Alih-alih ikut lari bersama mereka. Teman-teman lain di pesta tetap tenang malah ada yang terkekeh melihat tingkah Bani dan Bon-Bon. Napoleon pun tertawa kencang membuat Bani, juga Bon-Bon kembali menoleh ke belakang dan berhenti berlari.

Physeter macrocephalus (www.duniahewanbinatang.com)
“Kalian tak perlu takut. Kenalkan, meraka adalah Piter dan Manta. Mereka adalah tamu spesial kami,” jelas Napoleon mendekati Bani dan Bon-Bon.

Bani dan Bon-Bon saling berpandangan, "Taamuu Spesiaal?" ucap mereka kompak.

Monster laut yang dikira Bani rupanya adalah seekor ikan Paus besar berkepala kotak dan ikan Pari dengan tubuh pipihnya yang sangat lebar. Rupanya, mereka lah tamu spesial yang dibicarakan Bibi Sula sebelumnya.

“Mereka sebenarnya tidak tinggal disini, kok. Piter dan Manta hanya mampir bermain di sini, bulan November seperti saat ini adalah waktu mereka singgah kemari,” cerita Napoleon. “Makanya, biasanya kami membuat pesta musim hangat untuk menyambut tamu-tamu spesial kami di taman laut ini,” tambahnya.

“Halo, kelinci-kelinci penyelam, kalian tamu juga, ya?” tiba-tiba paus besar itu mendekat ke arah Bani dan Bon-Bon.

“Iii..iya,  kenalkan aku Bon-Bon. Itu saudaraku, Bani," sapa Bon-Bon sedikit gemetar. " Kamu, Piter, kan?” Bon-Bon berusaha kembali berbicara akrab.

“Ya, namaku Piter. Senang berkenalan dengan kalian, kami disini sedang singgah karena perairan belahan bumi lain sedang dingin bahkan membeku. Sedangkan di taman laut ini relatif terasa hangat, jadi kami biasanya mampir dan bermain dulu di sini,” Piter bercerita.

“Senang sekali kala berkunjung kesini, selain tempatnya yang begitu indah dan nyaman, teman-teman taman laut wakatobi baik sekali. Mereka selalu menyambut kami dengan pesta yang meriah,” lanjut Piter sambil tersenyum.

“Disini juga banyak makanan, jadi kami tidak akan kelaparan, ” tiba-tiba Manta si ikan pari ikut bergabung.

“Hai, senang bertemu denganmu, Manta. Aku tadi terkejut melihatmu. Tubuhmu besar dan lebar sekali,” sahut Bani.

“Hahaha... tentu saja. Aku 'kan spesies ikan pari terbesar di dunia. Lihat sirip dadaku lebar sekali, bukan? Kalian tahu, bahkan ada juga yang menyebutku Pari Elang karena siripku yang lebar ini dan aku bisa berenang bebas seperti elang yang sedang terbang di udara,” kata Manta sambil mengibaskan sirip andalannya.

“Itu keren sekali, Manta!” seru Bani dan Bon-Bon bersamaan.

Taman bawah Laut Wakatobi (www.kompasiana.com)
Setelah berkenalan, mereka pun kemudian bergabung dalam pesta, dan tidak terasa Bani dan Bon-Bon melewatkan pesta itu cukup lama. Mereka senang bisa bergabung dan berkenalan dengan banyak penduduk bawah laut.

“Kami senang sekali bisa ikut pesta kalian.  Kami juga beruntung bertemu dengan kalian, para tamu spesial!" ucap Bon-Bon akrab dengan kedua telunjuknya menunjuk Piter dan Manta.

"Tapi kami harus pamit dulu, ya, Teman-teman. Kami  masih ingin mengunjungi tempat-tempat indah lainnya di taman laut wakatobi ini.” Tambah Bani.

“Oh sayang sekali. Tapi baiklah selamat menjelajahi surga bawah laut. Kalian harus berhati-hati dan menjaga baik-baik biota laut di sini, ya," kata Napoleon yang ternyata memiliki julukan sebagai The King of Ocean.

“Siap, Kapten Napoleon. hehe. Oh ya, boleh kita berfoto dulu?,” ajak Bon-Bon pada Napoleon, Piter, dan Manta. (kebayang kerennya foto wefie-an mereka di taman bawah laut, ya, hihiw) 

Dengan senang hati mereka mengabadikan momen pertemuan mereka di taman laut Wakatobi yang dikenal dengan surga bawah laut itu. Akhirnya Bani dan Bon-Bon pun memiliki kenangan yang tak akan terlupakan bersama kawan-kawan barunya dari Wakatobi.

Surga Bawah laut Wakatobi (www.deeperblue.com)


Ikuti juga cerita petualangan lainnya disini:
1. Petualangan Bani dan Bon-Bon: Pantai Kura-Kura Raksasa, Pulau Lombok
2. Petualangan Bani dan Bon-Bon: Gunung Rinjani, Pulau Lombok
3. Petualangan Bani dan Bon-Bon: Taman Nasional Laut Wakatobi (part 1)

Sumber referensi:
  • https://travelingyuk.com/aturan-saat-menyelam/18770/
  • https://travel.kompas.com/read/2013/08/16/1110535/Wakatobi.Surga.Bawah.Laut.yang.Menakjubkan
  • http://infosiana.net/ikan-napoleon/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_pari_manta





12 komentar:

  1. Woww ceritanya unik. Ini terinspirasi saat ke wakatobikah? Indonesia memang indah banget ya, nggak kalah deh kalo soal keindahan lautnya.

    BalasHapus
  2. Seru juga ya mengenal bawah laut dengan cerita, bacany jadi penasaran nih. Keep writing bun!

    BalasHapus
  3. Wow, keren, mb mira. Ilustrasinya juga seger. Apa ada tips buat nulis cernaknya ya? Saya selalu pingin nulis cernak yang oke jugak.

    BalasHapus
  4. Wah keren mbak, membaca ceritanya berasa lagi ikut menyelam ke dasar laut wakatobi, membayangkan keindahan2 terumbu karang beserta makhluk cantik yg menghiasinya, masyaAllah

    BalasHapus
  5. Wah bagus sekali ceritanya, ada edukasinya juga. Eh baru tahu kalau ada ikan bernama Pari Elang. Keren Mbak

    BalasHapus
  6. Udah lama dengar akan keindahan Pulau Wakatobi. Pengen banget bisa ke sana tapi belum ada rezeki.

    BalasHapus
  7. Wah asiknya menulis cerita anak berdasarkan ilmu pengetahuan ya Mba. Keren dan inspiratif deh.. pasti anak-anak suka

    BalasHapus
  8. Wah..berarti paling tepat datang ke Wakatobi bulan November ya..karena sedang ada pesta musim hangat!
    Keren pasti selain ada species berhabitat asli sini juga ada bermacam-macamspecies yang sedang "singgah" di Wakatobi

    BalasHapus
  9. Waaaah, makasih referensi ceritanya. Simpan di bookmark untuk diceritakan ke anak nanti pulang kerja :)

    BalasHapus
  10. Wah, semakin seru nih petualangan Bani dan Bon-bon. Apalagi bertemu dua tamu spesial. Pake wefie-an segala, hehe. Lanjuut ya, Mbak. Ceritanya bagus :)

    BalasHapus
  11. Waduuuh gambarnya keren keren banget. Itu ngambil gambar sendiri mbak?
    Saya diajari nyelam dong tapi saya belajar renang dulu he he he

    BalasHapus
  12. ceritanya bagus. mengalir. semoga bisa dibukukan dan semakin banyak yang menerima manfaat cerita ini.

    BalasHapus