20 Quotes Inspirasi yang Bikin Kamu Tambah Semangat Baca!



Hai hai hai ... Apakabar dengan kegiatan membacamu? Sudah membaca buku apakah hari ini?

Masih semangat atau sedang diserang malas? Yuk, intip beberapa quotes berikut buat refresh kembali semangat baca kita juga untuk memaknai lebih mendalam kegiatan membaca yang katanya dapat membuka jendela dunia. 

1. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal pula yang kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi. 
-Dr. Seuss-

Dimulai dari quote populernya Dr. Seuss nih, penulis buku anak favorit banget. Sepakat kan kalau banyak baca banyak tahu, karena banyak tahu (belajar) kemungkinan besar banyak tempat yang bisa kita kunjungi. Suka kesindir sih, banyak sekali tempat yang pengen dikunjungi tapi sejak dulu masih dalam mimpi, reminder kali ya, jangan-jangan aku masih kurang baca. Hihi


2. Berpikirlah sebelum kamu berbicara. Bacalah sebelum kamu berpikir.
-Fran Lebowitz-

Baca, mikir, baru bicara. Hmm, noted!

3. Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas. 
-Mohammad Hatta-

Salah satu quote terkenal juga dari Bung Hatta. So, mau cari kebebasan? Bertemanlah dengan buku. Dan pastinya, dibaca!

4. Buku apapun yang membantu seseorang anak membentuk kebiasaan membaca, menjadikan membaca kebutuhannya yang mendalam dan tiada habis, adalah buku yang baik baginya
-Maya Angelou-

Pentingnya membentuk habit baca buat anak. Salah satu kuncinya, berikan buku yang baik (tepat) bagi anak-anak.

5. 

Pesan tersirat dari Sayyidina Ali Radhiyallahu 'anhu, carilah kebahagiaan dari cahaya ilmu


6. Kita membaca untuk mengetahui bahwa kita tidak sendirian
-C. S. Lewis-

Setuju banget pastinya. Apalagi ketika ketemu buku novel yang tokoh utamanya ternyata 'gue banget'. :D

7. Membaca buku bagus seperti bercakap-cakap dengan orang hebat dari abad-abad terdahulu.
  -Rene Descartes-

Ini seperti yang divisualisasikan dalam film Kartini yang dibintangi Dian Sastro. Pernah nonton? itu loh pas adegan saat Kartini dalam masa kurungan pingitan dan pertama kalinya membaca buku milik sang Kakak yang berjudul  Max Havelaar. Digambarkan di sana Kartini seperti sedang berdialog  langsung dengan sang penulis novel, Eduard Douwes Dekker dengan nama pena Maltatuli. Buku tersebut yang menjadi inspirasi pertama Kartini untuk bisa bangkit dari penderitaan kaum perempuan di masanya.

8. Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik. 
-Buya Hamka-

Pernah kan merasakan ketika berjodoh dengan bacaan yang setelah usai membacanya membuat kita lebih tenang dan damai?

9. Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan.
-Wiji thukul-

Sepakat! Jangan mau pinter sendiri. Jangan pelit ilmu. Mesti berbagi untuk sukses sendiri juga kesuksesan bersama.

10. Ketika kamu ragu akan sesuatu, carilah di perpustakaan.
  J. K. Rowling

Jadi kalau lagi galau, pergi aja ke perpustakaan. Tapi bukan buat tidur atau cari kecengan, ya!

11. Selama toko buku ada, selama itu pustaka bisa dibentuk kembali. Kalau perlu dan memang perlu, pakaian dan makanan dikurangi.
-Tan Malaka-

Siapa nih yang tim beli buku dari pada beli baju atau jajan kuliner saat ada sisa tabungan?

12. Saya ini enggak punya pacar. Teman main saya cuma buku dan bola
-Gus Dur-

Kalau punya pacar yang sama-sama doyan baca buku? Kayaknya lebih asyik. (#eh gak boleh pacaran)

13. 

Saking banyaknya harta dalam sebuah buku. Yuk, tinggal baca untuk mengambilnya. 

14. Orang yang terlalu banyak membaca dan terlalu sedikit memakai otak akan jatuh kepada kebiasaan malas berpikir.
-Albert Einstein-

Jleb! Jadi bukan sekadar sebarapa banyak buku yang udah dibaca tapi seberapa sering buku berhasil membuat kita bisa terus berpikir (baik).

15. Jangan pernah membaca karena ingin dianggap pintar, bacalah karena kamu mau membaca, dan dengan sendirinya kamu akan jadi pintar
-Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie-

Nah nah bener nih Mbak Ziggy. Baca, jangan cuma buat pencitraan aja, Gaes!

16. Membaca adalah pusat yang tidak bisa dihindari oleh seorang penulis.
-Stephen King-

Sepakat ya! memang benar kan kalau penulis itu adalah pembaca yang baik. So, mau jadi penulis? banyakin baca! (nampar diri sendiri :D)

17. Untuk bisa membaca banyak buku diperlukan dua hal dimana uang dan waktu tidak termasuk diantaranya. Dua hal tersebut adalah gairah dan kerendahan hati bahwa kita banyak tak tahu.
-Helvy Tiana Rosa-

Yup, karena zaman sekarang banyak akses untuk bisa dapat baca gratis. Dan soal waktu? itu masih seputar alasan yang dibuat-buat. Tinggal mau apa enggak, baca. 

18. Jika seseorang tidak dapat menikmati membaca buku, lagi dan lagi, maka tidak ada gunanya membacanya sama sekali
-Oscar Wilde-, Penulis Irlandia

Pentingnya membaca buku yang memang bener-bener meaningful buat kehidupan kita.

19. 
Jadi baca buku juga jangan cuma dilahap asal kenyang tapi mesti menyehatkan.

20. Buku mengisi jam-jam kita yang kosong dengan percakapan yang mungkin tak akan pernah selesai, tapi membuat kita tahu: kita hanyalah penafsir tanda-tanda, di mana kebenaran menerakan jejaknya. Itu sebabnya kata pertama yang menakjubkan adalah: "BACALAH"
-Gunawan Mohamad-

Yuk, mari membaca!

***



Salam Literasi,










32 komentar:

  1. Mbak Mira..quotesnya inspiratif semua ya..bikin makin semangat baca (dan nulis nih). Favorit saya: Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik. 

    -Buya Hamka-

    TFS Mbak

    BalasHapus
  2. Saya kadang sampai membahas cerita sebuah novel dengan Ibuk dan saudara2 perempuan saya. Berasa kita bagian dari cerita itu hehe. Masih jadi PR buat saya, untuk melatih anak2 lebih suka membaca daripada menonton. Inspiratif banget 20 quotesnya..makasih Mbak.

    BalasHapus
  3. Nice quotes mbak... jadi kesindir nih, kayaknya aku udah lama ngga baca buku. Harus semangat lagi nih baca buku. Makasih mbak jadi serasa diingetin.

    BalasHapus
  4. benar-benar inspiratif mbak. jadi nggak merasa punya hobi yang nyeleneh lagi (dilingkungan saya). setuju dengan quotenya walt disney, buku itu menyimpan harta yang lebih banyak dibanding harta perompak

    BalasHapus
  5. Quote-nya inspiratif dan memang bikin semangat semua.
    TFS ya...

    BalasHapus
  6. Quote-nya bagus-bagus, ya. Dan rasanya ngena banget untuk orang-orang yang suka baca. Aku pribadi nggak bisa dalam sehari pun nggak baca. Entah 2, hingga 10 halaman. Kadang malah 1 buku habis hulahap seharian. Ya pokoknya baca buku sudah menjadi "asupan" sehari-hari untukku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap sekali ni Mbak Damar. Tapi iya sih ya kalu udah jadi kebutuhan, gak bisa ketinggalan baca buku dalam sehari, biar pun cuma sehalaman.

      Hapus
  7. Let's start now. Yuni kadang masih merasa malas sekali membaca. Baca semua quote ini membuat hati makjleb rasanya. Pokoknya ayo mulai baca.

    BalasHapus
  8. quotes nya bagus - bagus dan membuat saya melirik untuk mulai membaca lagi hehhe makasii mbak

    BalasHapus
  9. Semua quotesnya memang bagus dan bikin semangat untuk rajin baca ya...
    Apalagi dengan membaca itu kita bisa tahu segala hal, banyak pengetahuan kalau kita banyak membaca,

    BalasHapus
  10. Bagus-bagus semua nih quotes alias kutipannya. Bikin semangat membaca jadi semakin membara :)
    Tokoh pencipta quotes nya juga beragam ya, Mbak. Tokoh-tokoh besar semua. Tanda bahwa membaca itu memang akan menjadikan kita orang besar :)

    BalasHapus

  11. Saya paling suka quote dari sayyidina Ali radiallahu 'anhu. Semoga kita dapat cahaya dari ilmu yg kita pelajari

    BalasHapus
  12. Asiik dapat rujukan quotes, aku save ya mbak soalnya sering nyari quotes buat posting di IG, hihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, Mbak. Senang sekali kalau memang bermanfaat. Sebenarnya itu juga motivasi saya menuliskannya di sini, biar gak susah-susah cari lagi. HIhi :D

      Hapus
  13. terkadang semangat emang butuh sedikit kata-kata penginspirasi ya mbak... saya suka quotesnya

    BalasHapus
  14. Qoute inspirasi itu selalu bikin kita tergugah, mengaca diri dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Semua quotenya bagus dan saya suka. Terima kasih Mbak.

    BalasHapus
  15. Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik.
    -Buya Hamka-

    Setuju

    Btw yang nomor 15. Itu yang bikin quotes namanya susah banget yaa hahahaa

    BalasHapus
  16. Masya allah quotenya luar biasa semua mbak. Bikin semangat dan jadi termotivasi diri ini yg udh lama rasanya ga baca2 buku semenjak nikah. Rasanya gada waktu. Paling baca2 portal berita aja d internet.. Hiks

    BalasHapus
  17. Apa kabar buku-buku saya yang hampir selalu berdebu di rak buku? Bahkan beberapa masih lengkap dengan sampul plastiknya belum dibuka sejak beli...

    Niat baca ada, seringkali kalah dengan kesibukan lainnya.. Hmmm, manajemen waktunya harus lebih baik berarti ya..
    Makasih kumpulan quote nya mbak, bikin makjleb dan mgingetin saya utk rajin membaca lagi

    BalasHapus
  18. Wah, saya jadi terinspirasi buat nulis buku lagi gegara baca artikel ini. Membaca sama pentingnya dengan makan, minum, tidur dan... Menulis. Hihi..

    BalasHapus
  19. makin banyak membaca semoga makin berkualitas blogpost yang kubuat hehehe

    BalasHapus
  20. Inspiratif banget quotesnya mba,, suka semua... Jadi semangat baca :)

    BalasHapus
  21. Quotesnya keren-keren nih Mbak. Saking penting dan banyaknya manfaat membaca ya, bahkan dalam Alqur'an pun yang pertama kali diperintahkan adalah Iqra' (bacalah)

    BalasHapus
  22. Baca quote-quote ini jadi berasa ada yang ngebisikin di kuping, "kamu kapan mulai baca buku lagi."

    Belum pernah namatin 1 buku lagi. Sejauh ini baca cuma karna butuh untuk referensi konten atau buku yang lagi dibuat.

    Kangen juga sih bisa baca buku khusyuk gitu. Tapi kok gak terlaksana 😅

    BalasHapus
  23. Menginspirasi sekali mbak. Menulis tanpa membaca pasti bakalan bikin ide tersendat. Susah menyelesaikan tulisan juga. Kalau banyak baca, kita jadi lebih mudah memenyelesaikan tulisan. Itu yang saya rasakan..

    BalasHapus
  24. Aku suka quote nya -Fran Lebowitz- bahkan sampai aku tulis dikaos buatan ku

    BalasHapus
  25. Membaca itu akan membawa kita ke mana saja. Ke negeri-negeri yang belum dikunjungi. Ke watak-watak tokoh yang belum kita temui dikehidupan nyata.

    BalasHapus
  26. Quote nya oke-oke banget, sangat inspiratif untuk banyak hal

    BalasHapus
  27. Berpikirlah sebelum kamu berbicara. Bacalah sebelum kamu berpikir.
    -Fran Lebowitz- Ini ngejleb bangets. Banyak yang asal bicara tanpa memikirkannya. Lebih luas lagi banyak yang asal nyetatus di sosial media tanpa berpikir dulu sbelumnya. Duh!

    BalasHapus
  28. Quotes-quotes yang menginspirasi, by the way boleh dikupit kan yaa...

    BalasHapus
  29. Membaca buku tidak kenal usia. Terima kasih sudah menambah inspirasi untuk semakin semangat membaca ��

    BalasHapus
  30. iyaa bener banget kerasa sama aku yang dulu suka baca namun semangat dan daya juang baca saat ini menurun banget. Padahal itu buku bacaan romance yang setiap perjalanan travelling aku bawa tapi gapernah aku baca dan ga beres-beres, sedihnya

    BalasHapus