Ajak anak berenang tanpa lupa oleskan tabir surya

(hurstvilleaquatic.com)
Bermain di kolam renang merupakan salah satu kegiatan pilihan yang asyik bagi anak-anak. Ya, bermain-main air bagi mereka pasti selalu menyenangkan. Tidak terkecuali bagi anak-anakku, terutama si sulung (5 tahun) yang saat ini sangat antusias sekali jika diajak main airnya di kolam renang walaupun sebenarnya ia belum bisa berenang. Berbeda dengan adiknya yang masih berusia 2 tahun, doi lebih senang main di kolam karet mini atau di ember besar.

Selain menjadi sarana main yang mengasyikkan bagi anak-anak, rupanya banyak sekali manfaat lain bermain air. Sudah tahukah, Bunda, bermain air bisa memberi dampak positif bagi perkembangan emosi anak, loh.

Air bisa menjadi salah satu media untuk penyaluran emosi negatif anak. Ketika ia menghentakkan kaki atau tangannya di dalam air, mencipratkan air, menuangkan atau menyiramkannya, secara tidak langsung anak-anak sedang melepaskan dan mengekspresikan emosi yang sedang dirasakannya. Sering kali kita perhatikan juga kan, Bunda, saat anak-anak melakukannya mereka tampak puas dan lepas.

Bermain air juga dapat mendorong koordinasi gerak anggota tubuh anak. Olah karena itu, bermain air atau berenang baik sekali untuk perkembangan fisik anak.


Bermain air di kolam renang, khususnya, mengajarkan anak juga untuk melatih keberaniannya. Biasanya di area kolam renang suka ada prosotannya kan, Bunda. Dari yang paling kecil hingga yang tinggi berkelok-kelok. Wahana bermain tersebut bisa jadi uji nyali buat anak.

Nah, banyak sekali manfaatnya, ya. Jadi kalau anak mau main air atau berenang. Bebaskan saja!

Balik lagi ke ceritaku. Alhamdulillah pekan kemarin akhirnya bisa juga ajak si sulung main lagi ke kolam renang. (Perdana nih sejak kami pindah ke Satui, Kalsel). Senang lah dia. 

Nah, kalau mau main ke kolam renang, para bunda nih yang pasti nyiapin segala kebutuhan anaknya. Dari mulai nyiapin baju renang, handuk, baju ganti, juga camilan. Nah, ada satu lagi nih yang tidak boleh ketinggalan. Satu ini yang ternyata masih banyak dilupakan karena dianggapnya tidak terlalu penting untuk anak-anak. Apa itu? Tabir surya.


Loh, anak-anak boleh pakai tabir surya? oh iya tentunya, kulit anak-anak justru sebenarnya lebih rentan terhadap bahaya radiasi sinar matahari. Apalagi kalau memang bawaannya sensitif.

Seperti pengalaman kemarin, anak-anak mulai turun ke kolam renang di jam 09.30 dan selesai hampir pukul 12.00. Hmm ... sebenarnya itu jam lagi terik-teriknya matahari (bahkan dikatakan bahwa jika terpapar lama sinar matahari antara jam 10.00 hingga jam 15.00 itu cukup berbahaya). Apalagi, aku rasakan sendiri panas matahari di Borneo ini terasa lebih menyengat dan 'membakar'. Dan ini anak-anak turun di kolam renang outdoor dalam rentang waktu yang cukup lama. So, Wajib bin kudu pakai sun protection. Dengan memberikan tabir surya, kulit anak-anak bisa terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA dapat menembus dan merusak lapisan kulit lebih dalam, juga dapat menyebabkan penuaan kulit. Paparan UVB berlebihan dapat menyebabkan kulit lebih gelap dan terbakar yang berisiko memicu berkembangnya sel kanker.

Nah, demi menjaga kesehatan kulit anak, sudah semestinya kita berikan perlindungan terbaik ya, Bunda. Aku pribadi pakai produk tabir surya dari nivea. Nivea Sun Kids Swim & Play Sun Protection Lotion SPF 50+. Aku beli produk ini dari online shop dengan harga 120.000 rupiah untuk ukuran 100 ml.

Kenapa pilih produk ini? Karena sun protection ini bisa dipakai untuk berenang juga untuk sehari-hari. Dan yang pastinya diformulasikan khusus untuk kulit anak-anak. Selain itu, kelebihan dari Sun Kids Swim & Play ini mengandung dexphantenol yang dipercaya lebih efektif dalam melembabkan kulit dan memiliki sifat tahan air dan tahan lebih lama. Hal lain yang lebih penting lagi sih produk ini juga  highly effective UVA/UVB protection.





Pemakaian tabir surya juga ada aturannya sendiri, ya. Jadi oleskan secara merata ke seluruh tubuh  20 menit sebelum terpapar sinar matahari langsung. Jadi, kemarin sebelum berangkat, aku pakaikan sun protection lotion ini ke anak-anak dari rumah karena jarak tempuh ke kolam renang juga cukup dekat. Setelah selesai berenang pun aku pakaikan lagi ke anak-anak. 


Nah, setelah kita pastikan kondisi anak aman, dari mulai pakaian renangnya, perut yang sudah terisi cukup, hingga pemakaian tabir suryanya. Tinggal lah bersenang-senang bermain air dan berenang bersama ananda, ya, Bunda. 


Salam Cinta,









6 komentar:

  1. Wah bisa di coba ini Mbak. Komplit banget ya formulanya. Anak-anak gak pernah pake ginian, biasanya renang tinggal renang aja hehehe...makasih ya infonya.

    BalasHapus
  2. Waah iya pemakaian tabir surya memang penting banget, pun buat kita yang sehari-hari ada di dalam rumah karena pjg gelombang si UVA yg pjg banget. Dan pas banget weekend ini mau main air sama bocah, cus ah nti cek nivea kids Sun Protection di olshop

    BalasHapus
  3. Wah bisa banget ini dicoba. Biasanya aku pakein sunscreen orang dewasa. Sekarang Ada yg buat anak2 malah enak

    BalasHapus
  4. Nivea memang merk handal. Ternyata sun protectionnya water proof ya. Keren...Tadi sempet mikir baca judul artikel, kan luntur kena air. Ternyata engga...Sip

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah mengingatkan untuk pakai tabir surya , Mbak Mira. Sering lupa..mentang-mentang renangnya selalu sore, jam 4-5 ..hehe. padahal sebaikbya tetap pakai sih ya

    BalasHapus
  6. Wow, anak-anak senamg sekali berenang, dari zaman ke zaman, jangan lupa pakai krim tabir surya

    BalasHapus