Mau bikin sendiri playdough di rumah? Gampang! Ini dia resepnya.



Sudah tidak asing lagi kan mendengar nama playdough? Ya, playdough ini adalah salah satu mainan favorit anak-anak segala usia. Setuju enggak? Bahkan sang ibu biasanya bisa ikut asyik juga kalau nimbrung main playdough ini (itu sih aku :D )

Ada yang menyebut playdough ini adalah plastisin. Padahal berbeda loh, ya. Kandungan bahannya tidak sama. Teksturnya juga sedikit berbeda. Dari komposisi bahannya, plastisin ini mengandung lilin, ada juga yang menggunakan lem. Tidak aman jika tertelan oleh anak. Jadi, untuk anak yang masih di fase oral, masih suka memasukkan benda/sesuatu ke mulut, plastisin kurang cocok diberikan. 

Nah, kalau playdough sendiri? Dia dibuat dari bahan-bahan yang aman. Apalagi kalau kita buat sendiri. Lebih yakin lah ya, semua bahannya pasti aman dan bersih. Sebenarnya resep untuk membuat playdough ini ada beberapa macam. Tapi kali ini, aku bagikan resep yang gampang aja. Kebetulan kemarin anak-anak juga di rumah seru-seruan bikin playdough warna-warni ini. 

Semua alat dan bahannya mudah didapatkan. Yakin deh semua sudah tersedia di dapur bunda. Apa saja? Yuk sediakan:



  • 1-2 gelas tepung terigu
  • ½ gelas garam dapur
  • 1-2 sendok minyak goreng
  • Satu gelas air hangat
  • Pewarna makanan
  • Mangkuk/baskom
  • Sendok/spatula
Takaran di atas sebenarnya tidak mutlak ya. Silakan disesuaikan. Untuk pewarna makanan, cukup sediakan 3 warna primer (biru, kuning  dan merah)

Lalu, bagaimana cara membuatnya? 
  1. Masukkan garam ke dalam mangkuk atau baskom.
  2. Tuangkan air hangat lalu aduk oleh sendok/spatula hingga larut
  3. Pilih warna yang diinginkan. Tuangkan beberapa tetes pewarna makanan. Aduk kembali.
  4. Tuangkan satu sendok minyak goreng. Aduk rata.
  5. Kemudian masukkan tepung terigu. Aduk dengan sendok/spatula kemudian lanjut aduk dan ratakan dengan tangan. Jika dirasa masih terlalu lengket boleh ditambahkan terigu lagi sedikit demi sedikit. 
Cara di atas paraktis untuk membuat satu jenis warna playdough. Nah, kemarin aku dan anak-anak merencanakan membuat playdough untuk 7 warna pelangi. 

Jadi, agar lebih mudah, dari lima langkah cara di atas, kami skip dulu langkah nomor tiga. Jangan dulu dikasih pewarna makanan. Jadi nanti kita akan mendapatkan playdough berwarna putih (putih terigu).

Selanjutnya, playdough putih yang sudah jadi, kita bagi menjadi 7 bagian. Nah, setelah itu barulah satu persatu kita beri pewarna makanan. Untuk tahap ini, bunda bisa bantu anak-anak untuk menuntaskannya ya karena lumayan butuh waktu dan energi. hehe ...

Agar playdough tahan lama tidak sekali pakai. Setelah selesai bermain bisa disimpan di wadah tertutup lalu masukkan ke dalam lemari es.

Gampang sekali, bukan?


Jangan takut kotor-kotoran, ya

Qia juga ikutan nih pilih warna hijau

Bermain dan membuat sendiri playdough bersama-sama anak di rumah banyak manfaatnya loh. Pengalaman aktif dan kreatif dengan bahan-bahan, seperti playdough, menawarkan kepada anak-anak banyak kesempatan belajar yang berharga. Ya, di antaranya:

  • Anak yang sudah cukup besar mulai bisa belajar tentang prosedur.
  • Mengenal ukuran dan takaran
  • Melatih fungsi motorik halus anak. Anak bermain dengan tekstur (Lembek, lembut, lengket, kenyal, dan keras). Saat menguleni adonan, anak-anak juga berlatih menguatkan jari-jarinya. 
  • Belajar tentang warna. Mengenali warna primer dan praktek membuat warna campuran. Ada koordinasi mata dan tangan.
  • Belajar beragam bentuk.
  • Mengembangkan daya imajinasi. Anak mempunyai kesempatan untuk mengeksplorasi dan bereksperimen membuat karya  berbeda-beda dari bahan playdough.
  • Melatih kemampuan berbahasa dan berkomunikasi.

Ini dia playdough 7 warna yang sudah jadi





Yuk, coba bikin di rumah dan selamat bersenang-senang bermain playdough!

Semoga bermanfaat ya.
 





0 comments:

Posting Komentar