Review BOTANINA: COLD & FLU Aromatherapy Spray dan Comforting Kid Oil



Anak (sangat) rewel saat disapih? Yup, tidak bisa dimungkiri, ini adalah salah satu tantangan yang mesti siap dihadapi bagi seorang ibu (orang tua).  

Wajar aku pikir, jika anak sempat rewel karena doi masih kaget dengan pola kebiasannya yang tiba-tiba berubah. Mau tidur biasanya langsung cari bunda untuk menyusu sekarang tidak boleh. Lapar dan haus paling praktis datang menghampiri ibu sekarang sudah tidak bisa. Anak stress? kebayang sih ya, kemungkinan besar memang akan rewel.

Sudah rewel karena masih syok tidak bisa mimi ASI,  lalu tiba-tiba kondisi anak tidak sehat, diserang flu dan pilek? Hoho … ibu mana yang tidak sedih melihat pemandangan anak yang tampak sekali 'menderita' seperti itu.

Aku mengalami kejadian itu baru saja sepekan kemarin. Baru tiga hari dalam masa sapih, Qia-anak keduaku- diserang pilek. Meler dan mata berair. Sedih bin galau lihatnya. Sebagai ibu, pastinya ingin memberi kondisi ternyaman buat anak. Terus harus gimana dong? Dari pada hanya berlarut dalam kegalauan, akhirnya aku putuskan untuk mencari minyak essensial atau aromaterapi untuk membantu meringankan rasa nyaman dan meredakan pileknya. Ya, dan pencarianku akhirnya berlabuh pada produk BOTANINA.

About BOTANINA

Botanina merupakan salah satu produk lokal (Bandung) dengan harga dijamin sangat terjangkau -menurutku- dibanding lainnya yang sejenis. Namun, murah bukan berarti tidak terpercaya dong, pastinya brand satu ini tidak asal-asalan dalam memproduksi racikannya karena BOTANINA mengembangkan formula sesuai standar aromaterapi internasional untuk bayi, anak, dewasa, serta ibu hamil/menyusui.

www.botanina.com

Botanina juga memiliki misi menciptakan keluarga eling melalui produk dan gerakan yang peduli terhadap keluarga, lingkungan dan sesama. Value yang mereka angkat adalah:

Safety first. Varian produk dari botanina disesuaikan dengan kelompok umur. Ada formula khusus bayi (0-6 bulan), > 6 bulan, > 2 tahun, > 10 tahun hingga dewasa. Ini memudahkan sekali pastinya untuk konsumen untuk menentukan pilihannya.

Hones Ingredients. Penasaran sama komposisinya racikannya? Jangan khawatir, Botanina jujur sekali mencantumkan semua bahannya. Bisa cek langsung di web-nya juga.

Sustainability. Secara kontinu, Botanina terus melakukan perbaikan dalam produknya. Terpenting juga mereka peduli terhadap isu kesehatan, sosial, dan lingkungan. 

Organic Priority & Affordable Price. Ini deh kunci banget. Organik plus terjangkau. Siapa yang enggak tertarik dong pastinya.

Nah, balik lagi sama kondisi Qia yang sedang tidak enak badan dan pilek. Aku putuskan untuk beli produk Cold & Flu Kid Aromaterapinya sama Comforting Kid Oil. 

REVIEW COLD & FLU KID AROMATHERAPY SPRAY

Kemarin aku beli Cold & Flu Kid Aromatherapy untuk yang ukuran 30 ml. Harganya Rp. 65.000,- . Varian ini bisa digunakan anak-anak mulai usia 6 bulan. Manfaat dari aromaterapi ini untuk meredakan saluran pernafasan. Membantu membersihkan udara dan lingkungan.


Kemasan
Dikemas dalam botol gelap dan terbuat dari bahan plastik. Aku suka, jadi ringan dibawa-bawa kemana pun dan tidak khawatir pecah. Selain itu, yang paling suka banget karena bentuknya spray. Tinggal semprot, praktis! Ini menjadi hal yang paling perhatikan kalau milih aromaterapi. Biasanya kalau bukan spray aku harus cari yang roll on.

Punya beberapa essential oil yang kemasannya suka jadi lusuh atau terbuka/terkelupas karena terkena tetesan minyaknya. Nah, kalau botanina ini benar-benar serius deh memperhatikan packaging-nya. Stiker labelnya nempel rapat dan berbahan doff. Jadi, enggak cepat rusak dan tetap enak dipandang (penting banget, ya? 😊)

tinggal semprot-semprot aja 

Cara Pakai
Sebelum diaplikasikan bisa dikocok dulu. Lalu tinggal semprot ke kain, baju, selimut, atau bantal. Kalau setelah mandi aku semprot ke baju Qia. Pas tidur aku semprot lagi di bantal. Cukup 2-3 semprot untuk anak-anak. Untuk dewasa bisa 3-5 semprotan.

Kandungan Bahan
Distilled Water, Witch Hazel (Hamamelis virgiana) Extract, Lavender (Lavandula angustifolia) Oil, Tea Tree (Melaleuca alternifolia) Oil, Lemon (Citrus limonum) Oil, Phenoxyethanol 0.5%. Enggak begitu asing lah ya dengan nama-nama bahannya dan  yang pasti kandungan bahan essential oil ini melahirkan aroma yang enak banget. Lembut, menenangkan, dan fresh.

REVIEW COMFORTING KID OIL

Untuk produk comforting kid oil ini digunakan untuk anak-anak yang lebih dari 2 tahun, ya. Tidak untuk bayi. Manfaat dari comforting kid oil ini untuk melembabkan kulit dengan kandungan lavender, jahe, kunyit, kayu manis, thyimus, dan jeruk (seperti tercantum dalam kemasan). Selain itu, berfungsi juga untuk mendukung sistem imun, mengatasi masalah kulit, meredakan sakit (sakit kepala, masuk angin, sakit perut, gangguan pernapasan), meningkatkan nafsu makan, dan menenangkan.

Untuk harga dan ukuran kemasannya sama dengan Cold & Flu Aromatherapy Spray. Untuk netto 30 ml harga 65.000 rupiah. Kemasan 65 ml dibandrol 115.000 rupiah. 



Cara Pakai


Oleskan secukupnya ke seluruh tubuh. Aku biasanya aplikasikan setelah anak mandi sore sambil di pijit ke seluruh tubuhnya terutama bagian tulang punggung sampai ke telapak kaki. Bukan hanya untuk Qia yang lagi sakit, aku juga suka pakaikan ke kakaknya (5 tahun). Anak-anak suka dipijit pakai comforting kid oil ini. Selain wanginya enak juga bikin nyaman. Teksturnya cukup kental tapi tidak terlalu lengket kok bekasnya.

Saat menjelang tidur, aku juga pakaikan lagi, khusunya untuk Qia. Aku olesin di kening sambil dipijit  lembut di bagian pelipisnya. Alhamdulillah,  memang terbukti anak cepat tidur dengan kualitas tidur yang baik.

Oia satu lagi, fyi, kalau kita perhatikan kemasannya, tercantum di sana bahwa Botanina juga bekerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik, loh! Jadi, setiap penjualan ada donasi yang disisihkan untuk mendukung program mengupayakan pemenuhan hak-hak anak Indonesia. Keren, kan!



Cerita bersama Botanina

Jadi kesimpulannya, setelah beberapa hari menggunakan Cold & Flu Aromatherapy dan Comforting Kid Oil ini, Alhamdulillah kondisi Qia cepat fit kembali. Flu dan pileknya reda, tidur nyenyak, dan badannya sudah lebih nyaman. Drama rewel setelah sapih dan pilek pun berakhir sudah. Bunda legaaa! 

So, aku suka banget dan enggak nyesel pilih produk dari BOTANINA. Repurchase? So pasti! Aku juga penasaran bakal coba varian lainnya. 

Semoga bermanfaat ya!
Salam.









20 komentar:

  1. Hah? ini produk dari Bandung teteh? masyaAllah baru tahu. Berhubung jujur sih, aku belum pernah nyobaon aromatherapy kaya gini kecuali kalau lagi ditempat refleksi, hehe. Harganya pun lumayan terjangkau ya teh. Nah, yang aku masih penasaran, kan ini disemprotkan biasanya ke bantal saat mau tidur, ada efeknya ga sih teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Teh karena wanginya enak banget, adem, jadi emang bikin seger dan menenangkan gitu. Sesuai fungsinya juga untuk membersihkan udara. Iya ini produk lokal yang sangat terjangkau.

      Hapus
  2. Bagus ya ada therapy seperti ini Alhamdulillah teknologi sekarang benar-benar mendukung sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah Mis. Plus banyak juga pilihannya jadi sangat mudah

      Hapus
  3. Jadi pengen coba, penasaran dengan review-nya, apalagi sepertinya cocok buat si kecil yang gampang masuk angin. Produknya beli di mana, Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung di webnya, Mbak. atau via shopee juga ada akun officialnya. Iya, Mbak, cocok banget buat anak , ada juga yang khusus dari mulai bayi 0 bulan. :)

      Hapus
  4. Aku sering lihat iklan produk ini, tapi belum pernah cobain sih. Bayanganku harus pakai alat khusus untuk meneteskan minyaknya, semacam aromaterapi ruangan gitu. Ternyata cukup semprot ya. Simple banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya Mbak. Praktis. Ini pertimbangan juga aku pilih produk ini. Gak perlu pake diffuser atau carrier oil lagi. Tinggal semprot. :)

      Hapus
  5. Mbak, anakku dua-duanya pengidap asma..jadi aromaterapi salah satu yang kupakai untuk terapi penyembuhan saat sedang kumat.
    Pernah paaki Botanina yang botol abu-abu hijau, Cold & Flu Infant Aromatherapy Spray dan efektif memang

    Wah, jadi keingetan dah lama habis, pengin kepoin lagi ah buat jaga-jaga. Yang varian AROMATHERAPY SPRAY DAN COMFORTING KID OIL ini dah coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, Mbak Dian udah coba juga ternyata dan membuktikan. Buat anak-anakku cocok juga. Jadi kayaknya bakal selalu standby nyediain ini. Hihi

      Hapus
  6. Yuni baru nemu produk botanina ini. Selama ini belum pernah melihat iklannya. Bisa jadi referensi nih kalau pas adekku flu.

    Terima kasih mbak informasinya.

    Oh iya sih, kalau misalkan pengen beli botanina ini, apa bisa di apotek-apotek? Di Madura misalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Yuni. Botanina ini dijual online kok, Mbak. Insya Allah mudah dicari. Tidak harus dari Bandung langsung :D. Kalau di apotek sepertinya belum ada.

      Hapus
  7. Aku baru tahu mbak ada produk alami sekeren ini. Jujur, aku juga lagi ngurangi konsumsi obat-obatan buat si kecil. Dan ini bisa jadi referensi banget. Ini hanya ada di Bandung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, cocok nih Mbak coba pakai aromatherapy atau essential oil aja kalau untuk meredakan sakit. Memang produk lokal dari Bandung tapi untuk mendapatkannya insya Allah mudah kok Mbak untuk daerah lain juga. Bisa online.

      Hapus
  8. Nice info, nih. Sedang berseliweran tawaran berbagai aromaterapi untuk anak-anak di instagram. Yang ini jelas banget karena direview langsung sama Mbak Mira. Next mau coba juga. Selama ini kalau si kecil pilek dan hidung tersumbat cuma pakai Pure Kids Inhalant. Sepertinya Botanina ini lebih lengkap khasiatnya :)

    BalasHapus
  9. Ini siih langganan anakku u kasih ke Bara. Selalu sedia di bawah bantal. Soalnya malem² Bara sering bumpet idungnya kedinginan. Langsung plong, tidurnya nyenyak lagi deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeea pake juga botanina, Mbak. Memang enak banget dipakenya ya, Mbak. Praktis.

      Hapus
  10. Botania ini, aroma teraphi untuk anak-anak gitu, ya teh? Wahh kalo buat anak, biasanya bahannya harus aman untuk anak, ya teh.
    Btw jadi pingin, karena bentuknya spray.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebenarnya ada juga untuk adult nya Teh. Kalau menurut claim-nya Insya Allah kandungan bahannya memang terpercaya aman. :)

      Hapus