9 Ide Crafting Menggunakan Pipe Cleaner

Hualo Bundas, ngomong-ngomong, suka mati gaya saat mendampingi kegiatan anak? Bingung, mau berkreasi apa lagi bersama sang buah hati?

Yup, Kegiatan crafting bisa menjadi solusi untuk ide bermain seru bersama anak. Banyak pilihan bahan dan ide untuk berkreasi dari kegiatan ini. Nah, salah satunya adalah bercrafting dengan pipe cleaner. Kegiatan ini pasti disukai anak-anak loh. Bahannya mudah didapatkan plus harganya juga terjangkau. Dengan uang 10 ribu rupiah kita bisa dapatkan 10-13 biji pipe cleaner. 

Pipe cleaner adalah sejenis kawat yang berbulu. Ukurannya kecil. Alat ini bisa digunakan untuk kreasi aneka bentuk karena teksturnya yang lentur. Kawat bulu ini juga bisa dipakai untuk kegiatan meronce. Kegiatan meronce dengan pipe cleaner ini banyak manfaatnya loh. Yaitu, melatih fokus, konsentrasi, kesabaran, belajar menyusun, mengikuti pola, dan melatih otot kecil untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak.

So, udah siap eksekusi pipe cleaner-nya? kita bisa membuat apa saja ya dari kegiatan crafting pipe cleaner? Yuk, Simak ide berikut ini!

1. Kaca Mata Warna Gaol

Keren sekali bukan, kaca mata pipe cleaner ini? Kita bisa membuatnya cukup dengan 3 buah pipe cleaner. Setelah dieksekusi bisa dipakai juga loh. Yuk, coba bikin dan pakai seru-seruan bersama Ananda.






2. Boneka Jari


So Cute! Kolaborasi pipe cleaner dengan pompom ini bisa jadi finger puppet yang imut-imut. Manfaat dari bermain boneka jari ini dapat meningkatkan keterampilan komunikasi anak. Ayo, Berani coba?! 











3. Mahkota Pensil

Setuju kan, kalau punya pensil yang lucu dan unik bisa tambah semangat buat belajar, menulis, ataupun menggambar?.

Nah, Yuk bikin pensilmu menarik dengan aksesoris pipe cleaner diatasnya. Kuy, Bisa coba bikin bentuk heart, bintang, kupu-kupu, bunga, spiral, dan bentuk lainnya.


4. Ikan Manik-manik

Paling seru loh kalau membuat aneka bentuk binatang dari pipe cleaner ini. Lebih cantik juga ya ternyata kalau ditambah manik-manik warna-warni seperti ikan-ikan di samping ini.













5. Aneka Bunga Cantik


Paling favorit nih. Pipe cleaner ini bisa dibentuk menjadi aneka macam bunga yang cantik. Bukan cuma jadi mainan anak-anak. Pipe cleaner bunga ini bisa juga loh jadi pajangan di meja atau rak Bunda. Iya, kan?





6. Candy Cane

Saat pipe cleaner bertemu dengan manik-manik, pasti bakal jadi hasil kreasi yang keren. Kegiatan membuat candy cane seperti diatas melatih anak untuk bisa meronce dengan susunan tertentu. Lucu kan?











7. Ubur-ubur Pelangi


Wow! Tentakel yang berwarna-warni. Tentakel bergelombang ini bisa dibuat dengan bantuan pensil. Caranya, lilitkan pipe cleaner sepanjang ukuran pensil. Kemudian lepaskan atau cabut pensil secara perlahan. Coba lihat! Pipe cleanermu sekarang bergelombang  seperti tentakel ubur-ubur yang sedang bergerak-gerak lincah.






8. Ular Manik

Pastinya ini ular yang tidak menakutkan. Manik-manik glitter yang dirangkai dalam pipe cleaner ini membuat ularnya menjadi lucu dan menggemaskan. Kalau punya manik-manik beraneka warna tentunya kita bisa lebih berkreasi lebih banyak lagi loh.













9. Laba-Laba Berbulu

Tampak seperti nyata ya!.Pipe cleaner ini membentuk kaki laba-laba yang berbulu. Geli! Untuk membuat laba-laba ini kita cukup siapkan pipe cleaner, manik, mata mainan, dan pompom. Kuy! Buat dan mainkan!

Sumber gambar: Pinterest

Nah, mana nih ide favoritmu? Yuk langsung eksekusi dan selamat berkreasi!

1 komentar:

  1. wah yang bunga bagus ya, bisa jadi ide untuk bermain bersama anak ya.. kreatif kak, keren!

    BalasHapus