Review POND'S: Mineral Clay Mask Purifying and Brightening Treatment



Huallo, baru menyapa lagi nih di sini. Cukup lama enggak review produk, kali ini aku mau cerita produk skincare favorit aku, yaitu mineral clay mask dari Pond’s.

Di antara beberapa jenis masker untuk perawatan wajah, jenis clay mask ini jadi andalan buat aku. Kenapa? Karena pengaplikasiannya yang mudah dan paling enak di muka aku, plus memang fokus kerja dari clay mask ini adalah mengangkat kotoran dan sel kulit mati, juga untuk membersihkan pori. Jadi, memang yang paling dibutuhin banget sama muka aku.

By the way, clay mask itu apa sih?
Sebelumnya, aku pernah coba juga maskeran dengan mud mask dan aku pikir ini sama dengan clay mask, karena teksturnya mirip. Tapi ternyata beda, lho! 
Seperti dilansir dari laman soco.id, bahwa banyak yang menyangka kedua jenis masker ini sama padahal mereka mempunyai manfaat yang berbeda. Nah, apa perbedaannya? Simak, yuk!

Mud mask

  • Termasuk kategori skin healing agent
  • Produk water-based
  • Bersifat hydrating
  • Fungsi utama untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah pada kulit, membersihkan, melembapkan, menyegarkan, dan memperbaiki jaringan kulit.
Clay Mask
  • Termasuk kategori dry skin agent
  • Produk non water-based
  • Fungsi utama untuk mengikat dan mengangkat kotoran, menyerap minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori kulit

Nah, telihat cukup signifikan, kan, perbedaannya. So, jangan sampai salah pilih, ya. Balik lagi ke alasan kenapa aku lebih suka clay mask karena masalah utama kulit wajahku adalah kusam dan memiliki pori yang besar. Dan ... clay mask pertama yang aku coba dan bikin aku langsung jatuh cinta pada pemakaian pertama adalah Pond's Mineral Clay Mask ini. Masker ini dipercaya dapat mengikat kotoran 4x lebih baik, lho. Wah, benarkah? Yuk, ikuti review-nya.

All about Pond's Mineral Clay Mask

-INFO PRODUK-

Nama produk: Pond’s Mineral Clay Mask
Ukuran: 8gr
Produksi: Milott Laboratories.Co, Thailand. Diimpor dan didistribusi oleh PT. Unilever Indonesia
Harga: 16.000
BPOM: No. NA49180201349
Pond's Clay Mask ini diformulasikan khusus dengan 100% Moroccan Clay alami yang diperkaya kandungan mineral untuk mengikat kotoran 4x lebih baik. Wow!

Terdapat dua jenis varian, yaitu Black & Pink, Pond's mineral clay mask ini memberi pilihan sesuai kebutuhan kulit kita. Untuk kemasan warna hitam, yang mengandung bahan utama Charcoal & Kaolin, ia memiliki manfaat 3-in-1 purifying treatment:
  1. Dewy Glowing. Yang bikin wajah tetap lembap dan bikin instan glow!
  2. Purifying. Membuat kulit wajahmu bersih karena diperkaya moringa extract. 
  3. Smoothing. Membuat wajah terasa halus, lembut, dan kenyal.



Sedangkan untuk klaim manfaat dari varian pinky adalah
  1. Pinkish Glowing. Membuat wajah cerah merona dan instan glow!
  2. Brightening. Membuat kulit wajahmu cerah bersinar dengan kandungan vitamin B3+ dan Red Algae.
  3. Smoothing. Kandungan Mineral Bentonite & Kaolinnya membuat wajah terasa halus, lembut, dan kenyal.

Jadi, kedua variannya memiliki manfaat sama, yaitu untuk wajah terasa kenyal, lembut, dan instan glow! yang satu fokus untuk Purifying, satu untuk Brightening.

Kemasan
Bagian yang bikin aku kesengsrem juga dengan produk ini adalah kemasannya yang mungil, tipis, dan ringan. Travel-friendly banget pastinya. Enggak ribet dan memakan banyak tempat, masker sachet ini bisa mudah diselipin di mana aja. 

Warna dari kemasannya juga menarik, black & pink yang soft. Enak dilihat.

Selain itu, bagian atasnya memiliki tutup ulir yang rapat dan rekat. Jadi, kalau habis pakai bisa aman ditutup kembali. Enggak seperti kemasan sachet lainnya, kan, yang biasanya untuk membuka kemasannya harus digunting.

Memiliki tube kecil di bagian atas, memudahkan kita untuk mengeluarkan isi maskernya, lho. 

Kandungan Bahan



Baca juga yuk: Review Aqua Beauty Protecting Mist

Tekstur & Aroma
Clay mask sendiri memiliki tekstur yang solid, agak padat. Aku suka karena enggak bikin berceceran saat penggunaannya. Varian yang black ini terasa lebih padat dibandingkan pink yang agak creamy. Tapi keduanya sama-sama mudah diaplikasikan ke kulit muka.

Oia, clay mask brightening (pink) memiliki aroma wangi, ya. Sedangkan untuk clay mask purifying (black), ia tidak beraroma. Itu juga yang buat aku lebih nyaman pakai yang varian purifying.



Cara pakai
Pastikan kulit muka sudah dibersihkan. Lalu keluarkan clay mask dan aplikasikan ke wajah. Aku lebih senang langsung pakai jari tangan dibanding pakai kuas. Namun, pastikan tangan kita sudah bersih, ya.

Nah, ini nih yang aku suka juga. Pond's clay mask ini mudah diratakan saat diaplikasikan ke muka dan enggak ribet.

Oke, setelah dioleskan rata, diamkan selama 10 menit. Inget, ya, cukup 10 menit sesuai aturannya. Karena clay mask ini bukan water based mask, jadi pemakaiannya tidak boleh terlalu lama. Alih-alih bikin segar dan glowing, kulit kita malah kering dan kusam.

So, setelah 10 menit, langsung bilas, ya. Boleh pakai air hangat atau biasa. Setelah itu, rasakan deh kesegaran di kulit mukamu. By the way, penggunaan clay mask ini cukup 2-3x seminggu. Tidak cocok untuk dipakai setiap hari. 


Kesimpulan
Suka. Suka banget. Terutama si black clay mask-nya. Saat menulis review ini, aku udah coba produk yang purifying hingga 3 sachet dan 1 sachet yang untuk brightening. Sudah disebutkan juga ya sebelumnya, kenapa aku lebih suka pakai yang varian purifying.

Nah, gimana enggak jatuh cinta juga, selain praktis dalam pemakaian juga praktis untuk mendapatkannya (tersedia di minimarket), harganya itu, lho, sangat terjangkau. Diklaim bisa digunakan hingga 2x pemakaian, tapi faktanya aku bisa menggunakannya hingga 4x pakai, lho! Padahal digunakan secara merata juga kok, bukan sengaja irit. Itu berarti, sekali maskeran cukup dengan harga 4ribu rupiah aja, kan. Murmer, dengan hasil yang cukup memuaskan!

Efek yang paling terasa setelah penggunaan clay mask yang varian purifying (black) ini memang membuat kulit tampak lebih bersih, halus, dan lembut. Sedangkan untuk varian pink, karena belum memakainya lebih sering, so, efek brightening-nya belum begitu terasa. Tapi yang pasti setelah pemakaian, kulit wajah terasa lebih segar. 

Kelebihan (+)
  • Harga sangat terjangkau
  • Mudah didapatkan
  • Kemasan yang praktis dan aman
  • Mudah diaplikasikan/diratakan ke wajah
  • Membuat kulit wajah lebih bersih dan segar
Kekurangan (-)
  • Efek instan glow-nya dari kedua varian belum benar-benar terbukti

Nah, itu dia pengalamanku bersama si mungil praktis Pond's Mineral Clay Mask. Kamu, tertarik juga untuk mencobanya?



Salam cantik,



15 komentar:

  1. Baru tahu perbedaannya itu, Alhamdulillah jadi tambah. Emang Pond's termasuk produk terpecaya siih

    BalasHapus
  2. Wah saya kira sama saja itu si clay mask dengan mud mask. Jadi penasaran pengen mencoba ponds clay mask ini.
    Wajah saya kering dan seperti mudah kotor gitu mba'. Perlu bgt nih produk yang bisa mengikat kotoran dengan kuat. Besok pengen coba produk Ponds yang ini.

    BalasHapus
  3. Oh Zaya baru tau bedanya clay mask sama mud mask, berarti untuk yg menjelang usia 30-an seperti Saya baiknya pakai yg Clay Mask ya, karena kulitnya udah mulai cenderung kering krn elastisitas nya pun mulai berkurang.. btw makasih infonya Mbak

    BalasHapus
  4. Dulu sering pakai mud mask. Tapi belakangan, kulitku mengering, mungkin krn kemarau panjang ya. Jadi pikir² masker apa ya yg cocok. Mungkin clay ya?

    BalasHapus
  5. Waahh aku kok langsung ikutan tertarik ya. Tapi malah mau coba yg mud mask dulu nih krn kulitku cenderung kering.

    BalasHapus
  6. jadi dapet wawasan baru nih, selama ini beli masker ya beli aja, hehe

    BalasHapus
  7. Aku pertama lihat Mineral Clay Mask punya Ponds ini bertanya-tanya. Kemasannya cuma segitu atau ada yang lebih besar ya? Jadi memang ini ya, bukan karena ini mini sizenya? Travel friendly ya..imut dia. Dan baca review Mbak Mira ku jadi pengin coba. Pensaran sama efek maskernya

    BalasHapus
  8. Yuni juga berpikiran sama clay dan mud mask. Karena warnanya sih sama. Hehehe...

    BalasHapus
  9. Produk baru dari Pond's ya ? Wah, bagus juga nih masker lebih praktis lagi

    BalasHapus
  10. Asiiik... beberapa hari lalu aku juga cobain clay mask tapi merek lain. Jujur aja aku lagi males browsing manfaatnya tapi seneng banget pas baca tulisan mbak mira. Thx sharingnya ya. Jadi pengen cobain punya ponds juga deh

    BalasHapus
  11. Wah thank-you ya mbak. Rekomendasi nya. Pas banget aku lagi nyari masker apa yaaa yg kira-kira cocok . Apalagi harganya terjangkau banget yaa mbak. Mantap deh

    BalasHapus
  12. Wah, aq pengen cobain Pond's Mineral Clay Mask, sepertinya oke buat wajah

    BalasHapus
  13. Saya tim clay mask juga, nih.
    Tapi belum pakai yang merk Pond's ini. Karena merk lain masih ada, sih. Fungsinya pastinya tak jauh beda, ya. Emang bener, hanya boleh 2-3 kali saja dalam sepekan. Efeknya emang bagus di kulit dan meminimalisir komedo juga. Nice review :)

    BalasHapus
  14. Waah, baru tau nih Ponds ada produk untuk mask juga. Selama ini aku cuma pake creamnya doaang. Duh kemana aja diriku. Makasih infonya mbak. Reviewnya lengkap. Aku suka.

    BalasHapus
  15. Aku pemakai produk Ponds juga, sih. Tapi belum pernah nyoba yang ini. Dann, sepertinya aku naksir yang pink. Insyaallah, ntar mau nyari di Indomaret, ahh. Thanks for sharing, Mbak ��

    BalasHapus