WOW! Kebiasaan Ikan ini Berbeda dari kebiasaan umumnya. Unik!


Setiap makhluk diciptakan dengan keunikannya sendiri. Baik dari bentuk fisik, karakter, maupun tingkah lakunya. Berikut ini keunikan cara kebiasaan ikan yang mungkin belum kamu tahu. Apa saja?

1. Ikan Sumpit menangkap mangsanya dengan cara menembak


Jika ikan lain biasanya mengejar mangsa di dalam air kemudian mengoyak dan melahapnya. Maka ikan sumpit, atau yang dikenal juga dengan nama Archerfish (Ikan Pemanah) ini memiliki cara memangsa yang berbeda. Caranya unik.

Ikan asli perairan Indonesia ini menangkap mangsa (serangga) yang hinggap di daun di atas permukaan air dengan cara menembakkan air ke arah mangsa sehingga si mangsa pun jatuh dan siap dilahap.

Bagaimana ikan sumpit melakukannya? Hal ini disebabkan karena ikan sumpit bisa membentuk mulutnya seperti pipa kecil yang bisa menyemburkan air dengan kuat layaknya pistol air. Keren!

(sumber: https://voice.nationalgraphic.org)


2. Ikan Punggung duri membangun sarang seperti burung


Kebanyakan ikan di laut biasanya tinggal di terumbu karang, anemon laut, atau di dalam pasir. Nah, Ikan yang mempunyai sebaris duri di punggungnya ini punya tempat tinggal unik. Mereka membuat tempat tinggal layaknya seekor burung. Ya, ikan punggung duri membuat sarang yang mirip sekali dengan sarang burung.

Sarang yang telah dibangun oleh ikan pejantan nantinya akan ditempati oleh ikan betina untuk bertelur. Ikan pejantan membangun sarangnya dari ranting dan akar tumbuhan air. Kemudian ia juga bertugas untuk menjaga keamanan sarang dan keluarganya dari musuh yang mendekat. 

(Sumber: Buku Widya Wiyata Pertama jilid 6)

3. Ikan Salem kembali ke tempat kelahirannya di sungai untuk bertelur 


Ikan salem Atlantik maupun salem Pasifik sebenarnya menghabiskan sepanjang hidupnya di samudra. Namun, saat mereka harus bertelur, ikan salem akan kembali ke sungai. Walapun jarak yang akan ditempuhnya akan sangat jauh. 

Bagaimana ikan salem bisa menemukan jalan kembali ke sungai? Ternyata ikan salem menggunakan bau sebagai petunjuk. Mereka mampu mengingat bau sungai asalnya.

Ada beberapa pendapat tentang bagaimana ikan salem bisa menentukan arah yang ditujunya ketika masih berada di samudra. Yaitu, pendapat bahwa ikan salem menentukan arah dengan melihat posisi matahari. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa ikan salem memiliki sejenis ‘kompas’ pada tubuhnya. Awesome!

4. Ikan Mujair menjaga telur dan anaknya di dalam mulut

Setelah bertelur, kebanyakan ikan biasanya akan meninggalkan telurnya begitu saja dan membiarkannya mandiri. Berbeda dengan ikan satu ini yang begitu peduli pada anaknya. Ikan mujair pejantan maupun betina melindungi telur-telurnya dengan menyimpannya di dalam mulut. Setelah menetas lalu dikeluarkan. Namun, ketika ada bahaya datang anak-anak mujair dapat masuk kembali ke dalam mulut induk-ayahnya.

(Sumber: https://www.flickr.com/photos/theworldfishcenter)

5. Ikan Sungut Gada memancing ikan kecil dengan umpan sungut yang menyala


Ikan sungut gada mempunyai keunikan dalam cara menangkap mangsanya. Ia seolah sedang ‘memancing’ dalam arti yang sebenarnya. Kebanyakan ikan biasanya akan mengejar mangsanya. Tapi beda untuk ikan sungut gada. Mangsanya justru yang mendekati.

Jadi, bagaimana ikan memancing ikan? Ya, Ikan sungut gada ini memiliki sungut yang mirip dengan tangkai pancingan di atas kepalanya. Ujung dari sungut tersebut memiliki lampu yang bisa menyala. Karenanya, mangsa bisa tertarik dan mendekati dirinya.
 
Cahaya yang keluar dari sungut ikan gada ini dinamakan bioluminesensi. Yaitu, pemancaran dari organisme hidup. Selain untuk menangkap mangsa, cahaya tersebut digunakan untuk melindungi diri dari musuh, penyamaran, dan sebagai tanda pengenal spesies.

(Sumber: www.suarasiber.com)


Sungguh hebat dan mengagumkan, ya, maha karya Sang Pencipta.



Terima kasih sudah berkunjung
Salam Hangat,




10 komentar:

  1. Masya Allah sungguh kebesaran Sang Pencipta ya. Aku enggak kebayang mujair menyimpan telur dalam mulutnya, tapi enggak tertelan. Juga keunikan yang lain dari makhluk yang disebutkan. Memang setiap makhluk unik diciptakan-Nya dangan segala lebih dan kurang ya

    BalasHapus
  2. Masya Allah, luar biasa ya. Allah menciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk, detil, lengkap dengan fungsi setiap bagiannya.

    BalasHapus
  3. Masya Allah ... Kuasa Allah menciptakan berbagai macam makhkuk yg unik dengan fungsinya masing2... Itu baru dari beberapa ikan ya beluk makhluk di laut dalam lainnya yg beraneka ragam... Allahu Akbar!

    BalasHapus
  4. Dunia air alias ikan-ikanan ini memang seru ya. Apalagi yg unik-unik begini. Diantara semua ikan di atas, yg paling bisa ditemui sih Ikan Mujair. Wah, pantesan kadang ada butiran-butiran di dalam mulut si ikan. Ternyata telurnya diselamatkan di situ :)

    BalasHapus
  5. Semua makhluk diciptakan dengan keunikan masing-masing. Dan semua yang diciptakan Allah itu terbukti nggak ada yang sia-sia ya, meskipun kadang terlihat tidak biasa bagi yang tidak tahu manfaatnya. Manusia juga gitu kan? Semua punya cara masing-masing sesuai dengan yang dimiliki dalam tubuhnya.

    BalasHapus
  6. Ada saja keunikan mahluk yang namanya ikan. Allah swt menciptakan keunikan tsb. Ini baru ikan, belum mahluk air lainnya. Belum lagi air laut atau air tawar. Masya Allah...

    BalasHapus
  7. Yuni tak berhenti takjub dengan kuasa Ilahi. MashaAllah.. Ini yuni baru tahu tentang ikan-ikan ini.

    BalasHapus
  8. Subhanallah ya, mbak. Semua Allah ciptakan dengan penuh keunikan masing-masing.

    BalasHapus
  9. Wow, maa sya Allah, sungguh luar biasa kekayaan perairan tawar dan perairan laut kita

    BalasHapus
  10. Waw sungguh unik dan luar biasa ya cara Tuhan menciptakan makhluk-Nya. Kita hanya bida berdecak kagum melihatnya. Ikan sekecil itu aja dibuat dengan sngt indah

    BalasHapus